Daily Bible Devotion, 8 April, “Psalm 110 ( Mazmur 110), ” Jesus in book of psalm, Yesus di kitab mazmur”

Psalms 110:4-6 (UKJV) The LORD has sworn, and will not repent, You are a priest for ever after the order of Melchizedek.
The Lord at your right hand shall strike through kings in the day of his wrath.
He shall judge among the heathen, he shall fill the places with the dead bodies; he shall wound the heads over many countries.

Mazmur 110:4-6 (TB) TUHAN telah bersumpah, dan Ia tidak akan menyesal: “Engkau adalah imam untuk selama-lamanya, menurut Melkisedek.”
TUHAN ada di sebelah kananmu; Ia meremukkan raja-raja pada hari murka-Nya,
Ia menghukum bangsa-bangsa, sehingga mayat-mayat bergelimpangan; Ia meremukkan orang-orang yang menjadi kepala di negeri luas.

Mazmur 110 ( Psalm 110), adalah syair lagu tentang Yesus sebagai imam besar dari keturunan Melkisedek, pasal ini pun dikutip menjadi dasar pembahasan kitab – kitab dalam perjanjian baru, diantaranya dalam ayat dibawah ini ;

Ibrani 7:14-17 (TB) Sebab telah diketahui semua orang, bahwa Tuhan kita berasal dari suku Yehuda dan mengenai suku itu Musa tidak pernah mengatakan suatu apa pun tentang imam-imam.
Dan hal itu jauh lebih nyata lagi, jikalau ditetapkan seorang imam lain menurut cara Melkisedek,
yang menjadi imam bukan berdasarkan peraturan-peraturan manusia, tetapi berdasarkan hidup yang tidak dapat binasa.
Sebab tentang Dia diberi kesaksian: “Engkau adalah Imam untuk selama-lamanya, menurut peraturan Melkisedek.”

Dalam kitab Ibrani, yang mengutip dari kitab mazmur 110 ( psalm 110 ) dijelaskan bahwa Yesus bukanlah berasal dari suku Levi, tetapi dari suku Yehuda, karena itu garis keimaman Yesus adalah berasal dari garis keimaman Melkisedek. ( selain garis keimaman suka levi ada pula jalur diluar suku Levi dapat menjadi imam karena kedaulatan Tuhan yang dikenal dengan jalur Melkisedek).

Sesungguhnya kitab perjanjian lama banyak menuliskan nubuatan dan kebenaran masa depan tentang Yesus kristus , yang menjadi bagian kitab kitab pembuka jalan bagi Yesus, salah satunya adalah kitab mazmur ini .

Karena hal ini maka kitab mazmur yang dituliskan dalam bentuk karya sastra lagu – lagu, juga termasuk dalam kategori bagian dari alkitab yang juga mengandung pesan Tuhan , prinsip- prinsip dan nilai kerajaan Allah, dan kebenaran tentang Tuhan, dengan catatan diperlukan hikmat dan pimpinan Roh Kudus untuk mengartikan kitab mazmur ini ( Psalm).