Daily Bible Devotion, 14 December, Exodus 22 ( Keluaran 22), Not to Oppress other, tidak menindas orang lain “

Exodus 22:21-23 (UKJV) You shall neither vex a stranger, nor oppress him: for all of you were strangers in the land of Egypt.
All of you shall not afflict any widow, or fatherless child.
If you afflict them in any way, and they cry at all unto me, I will surely hear their cry;

Keluaran 22:21-23 (TB) “Janganlah kautindas atau kautekan seorang orang asing, sebab kamu pun dahulu adalah orang asing di tanah Mesir.
Seseorang janda atau anak yatim janganlah kamu tindas.
Jika engkau memang menindas mereka ini, tentulah Aku akan mendengarkan seruan mereka, jika mereka berseru-seru kepada-Ku dengan nyaring.

Esensi dari peraturan ini adalah jangan menindas orang lain, segala tindakan penindasan kepada orang lain adalah dosa di mata Tuhan.

Dalam perjanjian baru dijelaskan, apa yang kita inginkan orang lain lakukan pada diri kita, lakukanlah kepada orang lain, atau singkatnya ; kasihilah sesamamu seperti dirimu sendiri.

Penekanan pada perjanjian lama adalah sanksi dan hukuman, karena bangsa Israel bermental budak dan tidak mengerti akan prinsip , nilai kehendak bebas.

Penekanan pada perjanjian baru adalah menekankan pada prinsip dan nilai , menekankan pada antisipasi dan fokus pada hal yang benar, sehingga tidak perlu mendapatkan ancaman sanksi dan hukuman.

Pembaca terkasih, jika mental kita masih mental budak ; tidak mengerti prinsip dan nilai kehendak bebas yang bertanggung jawab, maka bahkan dijaman perjanjian baru ini kita masih perlu hidup dalam sanksi dan ancaman agar bisa hidup benar, contohnya ; kita harus diancam hukuman dosa sehingga takut berbuat dosa, padahal seharusnya kita memilih tidak hidup dalam dosa bukan karena takut hukuman , tapi karena kita mengasihi Tuhan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s