Renungan Harian Alkitab, 20 Oktober, Genesis 17 (kejadian 17), ” is circumsized is optional ? apakah sunat adalah pilihan ?

Kejadian 17:10-11 (TB) Inilah perjanjian-Ku, yang harus kamu pegang, perjanjian antara Aku dan kamu serta keturunanmu, yaitu setiap laki-laki di antara kamu harus disunat;
haruslah dikerat kulit khatanmu dan itulah akan menjadi tanda perjanjian antara Aku dan kamu.

Genesis 17:10 (NKJV) This is My covenant which you shall keep, between Me and you and your descendants after you: Every male child among you shall be circumcised;

Apakah Sunat itu wajib bagi orang Kristen atau pilihan ?

Banyak pengajaran Kristen jaman ini mengajarkan jika mau hidup sepenuh injil harus disunat ! bahkan mereka mengklaim jika tidak disunat tidak hidup sepenuh injil ?

Sungguh menggelikan, dan tidak cermat, karena justru kalau mau hidup sepenuh injil maka seharusnya membaca kitab – kitab dalam perjanjian baru , bukan hanya perjanjian lama ( perjanjian bar menyempurnakan perjanjian lama )

Apa yang tertulis dalam perjanjian baru , bahwa Sunat lahiriah adalah pilihan, sunat sejati adalah ” Sunat Hati ”

1 Korintus 7:18-19 (TB) Kalau seorang dipanggil dalam keadaan bersunat, janganlah ia berusaha meniadakan tanda-tanda sunat itu. Dan kalau seorang dipanggil dalam keadaan tidak bersunat, janganlah ia mau bersunat.
Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak penting. Yang penting ialah mentaati hukum-hukum Allah.

Ada beberapa ayat lain dalam perjanjian baru yang intinya ” sunat hati ” adalah esensinya .

jadi seseorang bebas memilih , disunat atau tidak disunat, apapun pilihannya yang penting hatinya bertobat dari manusia duniawi dan lahir baru sebagai ciptaan baru dalam Kristus

Galatia 5:5-6 (TB) Sebab oleh Roh, dan karena iman, kita menantikan kebenaran yang kita harapkan.
Sebab bagi orang-orang yang ada di dalam Kristus Yesus hal bersunat atau tidak bersunat tidak mempunyai sesuatu arti, hanya iman yang bekerja oleh kasih.

Saat ini dunia ilmu medis, terbagi dua kubu : pro sunat dan kontra sunat, masing masing punya bukti hasil riset, dan bukti kuat dari apa yang mereka yakini mana yang lebih baik.

Anda bisa membaca puluhan artikel berisi kontroversi dunia medis, dan memutuskan mau sunat atau tidak ,Tetapi ingatlah apapun yang anda pilih , tidak ada hubungan dengan keharusan dalam alkitab ,karena sunat adalah pilihan dan Alkitab perjanjian baru dengan tegas mengatakan : tidak harus , optional.

Apapun pilihan anda Sunat yang Tuhan mau adalah sunat hati, dan sunat fisik adalah optional “

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s