Renungan Harian Alkitab, 8 May , Acts 24 ; “Not a cheap Grace gospel , bukan penginjilan anugerah murahan:

Acts 24:24-25 (NKJV) And after some days, when Felix came with his wife Drusilla, who was Jewish, he sent for Paul and heard him concerning the faith in Christ.
Now as he reasoned about righteousness, self-control, and the judgment to come, Felix was afraid and answered, “Go away for now; when I have a convenient time I will call for you.”

Kisah Para Rasul 24:24-25 (TB) Dan setelah beberapa hari datanglah Feliks bersama-sama dengan isterinya Drusila, seorang Yahudi; ia menyuruh memanggil Paulus, lalu mendengar dari padanya tentang kepercayaan kepada Yesus Kristus.
Tetapi ketika Paulus berbicara tentang kebenaran, penguasaan diri dan penghakiman yang akan datang, Feliks menjadi takut dan berkata: “Cukuplah dahulu dan pergilah sekarang; apabila ada kesempatan baik, aku akan menyuruh memanggil engkau.”

Di Akhir jaman ini berkembang pesat penginjilan anugerah murahan, yang menarik banyak orang untuk bergabung ke gereja, dan gereja sukses menyulap pertumbuhan jemaat instan, nampaknya jiwa- jiwa bertambah banyak memenuhi gereja, tetapi mereka tidak pernah bertobat dari manusia lama.

Karena injil murahan yang tidak menyerukan pertobatan , hanya menyerukan semua diampuni dan diterima digereja dan iming- iming masuk surga nanti jika meninggal, maka gereja dipenuhi banyak jemaat yang tidak pernah tuntas bertobat, tidak pernah menjadi ciptaam baru yang sejati .

Para pemimpin gereja hingga pendetanya sibuk kawin cerai, pelayan Tuhan perokok, mabuk, banyak hutang, mempunyai istri simpanan, suami simpanan, sampai kaum gay , lesbi yang melayani di mimbar, sungguh menyedihkan dampak penginjilan murahan tanpa pertobatan ! Gereja jadi panggung sandiwara tragis!

Rasul Paulus tidak memberitakan injil anugerah murahan kepada gubernur Felix, ia memberitakan keselamatan, pertobatan dari dosa dan kedatangan Yesus kedua kali di ahkir jaman, ia hanya memberitakan kebenaran ( harus bertobat dari manusia lama dan menjadi ciptaan baru untuk masuk kerajaan Allah ).

Paulus bukan pendeta yang memberitakan injil anugerah murahan, tanpa pertobatan , Paulus bukan pendeta aliran entertainment yang mengumpulkan masa demi menjadi anggota gereja dan menghibur dengan pertunjukan musik band, artis, lampu laser, badut, sulap, motivator kekayaan, program kopi gratis, ia adalah Rasul yang memberitakan kebenaran : harus bertobat dari dosa untuk masuk kerajaan Allah)

Felix pun tidak mau menerima Yesus , karena ia memang tidak mau bertobat, Yesus bukanlah penguasa atas hidupnya.

Sebagai pendeta saya pernah di beritahu banyak hamba Tuhan cara cepat menumbuhkan jemaat , yakni dengan pertunjukan entertainment dan injil anugerah murahan tanpa pertobatan, tentu saja saya sudah mengetahui kebenaran dan meneladani Rasul Paulus, karena itu saya berkata Tidak kepada aliran entertainment dan injil murahan.

Ketika gembala jemaat tidak lagi terus menerus mengkotbahkan kebenaran , dan pertobatan sejati , maka hadirat Tuhan akan lenyap, gereja kehilangan kuasa Allah yang nyata, tidak ada lagi mukjizat dan karunia Roh Kudus mengalir.

Sudahkan anda bertobat dari segala dosa, dan menjadi ciptaan baru? Jika belum carilah gereja yang berani menegur anda melalui kotbah – kotbah dalam ibadah gereja mereka. Jangan mau lagi di entertain ( dihibur pertunjukan ; musik, lampu laser, sulap,badut, seminar cara cepat kaya oleh pengkotbah motivator, dll) , inginkan dipertobatkan dan dipenuhi kuasa Allah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s