Renungan harian alkitab , Joshua 16, senin; ” not complete-unfinish task, tugas yang tidak tuntas”

​Joshua 16:10 (NKJV)  And they did not drive out the Canaanites who dwelt in Gezer; but the Canaanites dwell among the Ephraimites to this day and have become forced laborers.

Tuhan memerintahkan umat Israel untuk mengambil alih Total tanah terjanji, dan menghalau habis semua kerajaan yang sebelumnya menguasainya , tidak  menyisakan apapun.

Kitab Judges 1  ( hakim hakim 1) menjelaskan lebih lanjut bahwa keadaan setelah kepemimpinan  Joshua  sangat jauh dari penugasan yang diberikan Tuhan, bukan hanya suku Canaan saja, tapi ada banyak suku suku lain yang tidak dihalau oleh Israel.

Asal muasal kekacauan ini dicatat dalam Joshua 16, bahwa mereka merasa kasus kerajaan Gibeon yang mereka jadikan pekerja kasar di kerajaan menguntungkan. Padahal kasus Gibeom ini adalah kesalahan fatal Joshua karena tidak minta petunjuk kepada Tuhan dan diperdaya oleh Gibeon.

Hasilnya setelah Joshua meninggal, kacau balaulah bangsa ini, karena suku suku asing ini mengambil alih dengan cara menikahi orang israel  dan membawa mereka kembali menjadi penyembah penyembah berhala! Inilah titik kehancuran kerajaan Israel terjadi.

Para pembaca terkasih, tidak tuntas dalam mengerjakan sesuatu atau misi, adalah ciri ciri cacad karakter dalam diri manusia, mari perhatikan pekerjaan kita, dan hal hal tanggung jawab kita, dari perkara kecil kita dapat melihat cacad karakter ini, contoh ; seseorang yang tidak mau mencuci piringnya sendiri padahal sudah dewasa, atau orang dewasa yang bahkan lupa menyiram air ketika pergi ke toilet, hingga pekerjaan yang dikerjakan asal jadi tidak pernah tuntas.

Mari kita pastikan kita semua adalah pribadi yang tuntas dalam tanggung jawab.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s