Renungan harian alkitab, deuteronomy 14,minggu ” healthy food, makanan sehat”.

​Deuteronomy 14:7-10 (NKJV)  Nevertheless, of those that chew the cud or have cloven hooves, you shall not eat, such as these: the camel, the hare, and the rock hyrax; for they chew the cud but do not have cloven hooves; they are unclean for you.

Also the swine is unclean for you, because it has cloven hooves, yet does not chew the cud; you shall not eat their flesh or touch their dead carcasses.

“These you may eat of all that are in the waters: you may eat all that have fins and scales.

And whatever does not have fins and scales you shall not eat; it is unclean for you.

Dalam perjanjian lama, dituliskan makanan haram  (unclean) , dan makanan yang  baik dimakan ( clean food), jika dirangkum secaras singkat , kategori makanan yang dapat menjadi makanan adalah; 

1.semua tanaman dan tumbuhan , buah – buahan yang tidak beracun tentunya)

2. Semua hewan didarat yang berkuku belah dan memamah biak.

3. Semua hewan di air yang bersisik dan bersirip ,  asalkan bukan hewan  melata atau amphibi

4. hewan diudara pemakan biji dan tumbuhan, pengecualian burung pemakan bangkai atau daging di kategorikan bukan makanan manusia.

Hewan diluar kategori diatas dilarang dimakan , karena tidak sehat, atau bahkan dikatakan bukan makanan manusia.

Apakah hal ini masih berlaku bagi kita orang Kristen dalam era perjanjian baru?

Dalam perjanjian baru, Rasul Paul menjelaskan , bahwa tidak ada kategori unclan atau clean ( haram atau tidak haram), semua  makanan bisa dimakan dengan  catatan dilakukan dengan iman;  dan iman yang benar adalah menjaga kesehatan karena dalam perjanjian baru, tubuh kita adalah bait Roh Kudus, dan merusak kesehatan bait Roh Kudus adalah dosa.

Para pembaca terkasih, bagi kita murid Yesus dalam era perjanjian baru, kita harus  menjaga kesehatan dan mengerti bahwa makanan yang dilarang dalam perjanjian baru, dilarang karena tidak sehat ! membuat sakit !

Contoh makan  babi ; banyak sekali mengandung cacing, bakteri dan penyakit, sama dengan makan  udang, cumi, dan kepiting  adalah tidak sehat karena mengandung sangat tinggi kolesterol.

Makanan yang tidak sehat jika sering dikomsumsi membuat tubuh sakit!, karena itu  jangan dijadikan gaya hidup pola menu makan makanan ini, kurangilah dan sebisa  mungkin hindari makan makanan tidak sehat ini terlalu sering, atau jikalau memungkinkan pilih saja menu makan yang lainnya.

Dalam perjanjian baru tidak ada larangan akan makanan, bahkan diberikan kebebasan , karena semua dilakukan dengan iman.

karena itu kita perlu bertanggung jawab  akan pilihan yang sesuai dengan iman kita ; dan  memilih makanan yang sehat saja, agar tubuh kita selalu sehat dan panjang umur, ayo kita bangun budaya makan makanan sehat!.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s