Renungan harian alkitab, sabtu ” prophet& priest, imam dan nabi” leviticus 13

​Leviticus 13:1-2 (NKJV)  And the Lord spoke to Moses and Aaron, saying:

“When a man has on the skin of his body a swelling, a scab, or a bright spot, and it becomes on the skin of his body like a leprous sore, then he shall be brought to Aaron the priest or to one of his sons the priests.

Dalam perjanjian lama , kepemimpinan bangsa Isreal, berfokus pada 2 fungsi kepemimpinan rohani, nabi sebagai pembawa pesan Allah memimpin umat berjalan dalam kehendak dan Tujuan Allah,  dalam perjalanan tersebut tampillah imam ( pastor) untuk menggembalakan umat. 

Kepemimpinan nabi dan penggembalaan imam, adalah design pemerintahan Allah dalam perjanjian lama, segala sesuatu yang menyangkut kehidupan umat di konsultasikan kepada imam ( pastor) , dengan petunjuk dan ketetapan Tuhan yang telah disampaikan Nabi.

Segala sesuatu ini mencakup juga masalah kesehatan, sakit penyakit, makanan yang sehat,perselisihan antar umat , kehidupan sexualitas umat, nilai nilai sosial, semua tercakup dalam pelayanan penggembalaan.

Karena posisi ini begitu frontal langsung menyentuh berhubungan dengan permasalahan umat, maka imam haruslah orang  yang berpihak kepada Tuhan, yang berani berdiri melawan popularitas umat . Suku Levi adalah satu- satunya suku yang bertobat dan berani berdiri berpihak kepada nabi musa dan perintan Tuhan dalam peristiwa patung lembu emas, suku ini berani melawan arus tuntutan suafa terbanyak untuk menjadikan patung lembu Emas sebagai Tuhan mereka,karena itu mereka ditetapkan menjadi para imam.

Para pembaca terkasih , dalam kepemimpinan kerajaan Allah suara terbanyak bukanlah pembuat keputusan, dalam perjanjian lama  pembuat keputusan adalah imam / pastor dengan ketetapan nabi .Bahkan Raja pun tunduk pada imam dan nabi.

Sedangkan dalam perjanjian baru Tuhan memperlengkapi dengan Rasul, gembala, pengajar, penginjil, Nabi , team kepemimpinan ini dipimpin Rasul, dimana team hamba Tuhan ini , memimpin para raja di market place ( umat yang memerintah dalam sektor bussines,pemerintahan ,pendidikan , art& entertainment, dan posisi kepemimpinan non gereja), juga menggembalakan semua umat.

Tugas penggembalaan sangatlah sulit, dan luas area tanggung jawabnya, karena berjemaat disebuah gereja adalah volunteer, sukarela, dan kehendak bebas, seringkali jemaat tidak mau dipimpin, tidak mau dinasehati, dan anti koreksi, sehingga ketika seorang gembala ( pastor) melakukan fungsi pembinaan seringkali jemaat menolak dan berpindah gereja.

Sebagai hamba Tuhan saya memberikan nasehat kepada kita semua, Tuhan telah menetapkan para hamba Tuhan menjadi pemimpin, karena itu izinkanlah mereka berfungsi menegur, menggembalakan dan mengkoreksi anda , dengan memberi dipimpin akan memberikan keuntungan yang besar bagi umat  dan sungguh telah menyenangkan hati Tuhan.


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s