Renungan harian alkitab; kamis ” unclean food, makanan yang tidak sehat” leviticus 11

​Leviticus 11:1-4 (NKJV)  Leviticus 11:1-4 (NKJV)  Now the Lord spoke to Moses and Aaron, saying to them,

“Speak to the children of Israel, saying, ‘These are the animals which you may eat among all the animals that are on the earth:

Among the animals, whatever divides the hoof, having cloven hooves and chewing the cud–that you may eat.

Nevertheless these you shall not eat among those that chew the cud or those that have cloven hooves: the camel, because it chews the cud but does not have cloven hooves, is unclean to you;

Dalam perjanjian lama diberikan aturan yang details, tentang makanan yang dikatakan haram , tidak boleh dimakan aturannya sangat rinci dan bersifat langsung, hal ini dikarenakan bangsa Israel pada waktu itu bermental budak, dan budak adalah pemberontak dan tidak mampu mengerti hal hal esensial, harus rinci dan details.

Dalam perjanjian baru, rasul Paul; menjelaskan segala sesuatu boleh dilakukan asal membangun, hanya segala yang membangun  yang boleh dilakukan. Dikatakan juga bahwa tubuh kita adalah Bait Roh Kudus, tanggung jawab kita menjaga kesehatan tubuh.

Para pembaca terkasih dalam ilmu kesehatan modern diketemukan bahwa hewan yang tidak memamah biak dan berkuku belah, bukanlah makanan yang sehat, contohnya babi; bahkan diketemukan banyak penyakit menular dan cacing dalam makanan babi,jadi secara medis memang terbukti makanan daging hewan memamah biak dan berkuku belah jauh lebih sehat.

Sama juga dengan seafood, udang, kepiting mereka adalah hewan pendaur ulang, pemakan bangkai di lautan, ilmu kesehatan modern dengan keras melarang orang orang yang tinggi kolesterol,stroke,sakit jantung makan sea food,  dan sebaliknya makan ikan yang bersisik ( sesuai perintah Tuhan) terbukti jauh lebih sehat.

Karena faktor makan makanan sehat maka orang- orang jaman perjanjian lama bisa berusia hingga 130-150 thn ., dan karena faktor makan  makanan yang tidak sehat sebagai gaya hidup maka jaman sekarang usia manusia, hanya menjadi sekitar 60 tahun, dan sejak usia 40 tahun manusia pada umumnya sudah sakit sakitan.

Tuhan menginginkan umat Tuhan hidup sehat dan berbahagia, marilah kita menjaga pola makan yang sehat, segala ketetapan Tuhan selalu mendatangkan kebaikan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s