Renungan harian alkitab, jumat ” challenge on Moses leadership , tantangan dalam kepemimpinan Musa” exodus 38

​exodus 36: 4 All the gold that was used for the work, in all the construction of the sanctuary, the gold from the offering, was twenty-nine talents and 730 shekels, by the shekel of the sanctuary. 25 The silver from those of the congregation who were recorded was a hundred talents and 1,775 shekels, by the shekel of the sanctuary: 26 a beka a head (that is, half a shekel, by the shekel of the sanctuary), for everyone who was listed in the records, from twenty years old and upward, for 603,550 men. 

kepemimpinan Moses, dibekali oleh Tuhan dengan harta benda,kekayaan melimpah,bangsa Israel keluar dari Egypt ( Mesir) dengan keadaan membawa kekayaan begitu besar, Tidak hanya kekayaan besar, bangsa Israel dalam kepemimpinan Moses juga disertai mukjizat dan tanda -tanda ajaib yang luar biasa.

Yang menjadi masalah adalah umat yang dipimpinnya ;jumlah umat  pria dewasa berumur 20 tahun keatas  tercatatat sejumlah 603.550 pia dewasa, jika setiap pria mempunyai satu istri dan satu anak – anak  ( sebenarnya pada jaman itu, jumlah anak yang normal adalah diatas 5 anak) maka jumlah umat yang dipimpin Moses adalah sekurang kurangnya 1,8 jt umat manusia.

Para pembaca terkasih memimpin 2-3 orang cacad karakter, pemberontak dan tegar tengkuk saja sudah membuat frustasi pemimpin, apalagi 1,8 jt umat cacad karekter! Sungguh luar biasa karakter Moses dan sangat besar urapan Tuhan yang menyertainya, tak heran Moses di didik Tuhan 40 tahun sebagai gembala di padang untuk mempersiapkan tugas sulit ini.

Jikalau para pembaca adalah seorang pemimpin, maka kita perlu belajar dari Moses, kunci kesuksesannya adalah hubungan pribadi Moses dengan Tuhan yang intim dan kuat.

Jikalau para pembaca adalah seorang pengikut, maka janganlah menjadi pengikut yang tegar tengkuk, dan pemberontak, doakan pemimpin anda,terimalah kekurangan dan kelebihan mereka, dan jadilah pengikut dengan karakter yang baik.

Jikalau di dalam pekerjaan anda menjadi pegawai, dan merasa tidak sepakat dalam upah kerja, merasa gaji anda terlalu kecil, maka lebih baik anda mencari pekerjaan lainnya, dan jangan menjadi pembuat onar dipekerjaan anda, karena karakter yang buruk akan menghambat berkat Tuhan turun atas hidupmu, ingatlah bekerja ada kesepakatan upah, jikalau anda tidak sepakat maka solusinya mudah , carilah pekerjaan lainnya, tetapi jangan menjadi pemberontak dan penyebar gosip,

Jikalau anda menjadi anggota gereja, dan merasa tidak bertumbuh dan kecewa akan perubahan yang terjadi di gereja dan tidak kunjung pulih  hingga kepaitan,  maka segeralah pindah ke gereja lain, jangan jadi pemecah belah, dan penyebar gossip, fitnah, jadilah umat yang baik bukan cacad karakter, maka berkat Tuhan akan terus mengalir dalam hidup anda.

                    ” your attitude determine your altitude”

                ” sikap hati anda menentukan seberapa tinggi Tuhan                                     dapat mengangkat hidup anda”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s