Renungan harian alkitab; rabu ” according God’s way- sesuai cara Tuhan”exodus 29

​Exodus 29:1 (NKJV)  “And this is what you shall do to them to hallow them for ministering to Me as priests: Take one young bull and two rams without blemish,

Manusia tidak bisa maunya sendiri, dalam melayani Tuhan, jika manusia melayani Tuhan, harus mengikuti cara dan aturan Tuhan. 

Tidak bisa manusia mencalonkan dirinya sendiri menjadi hamba Tuhan, atau dipilih berdasar keinginan masa, pemimpin umat dipilih oleh Tuhan dengan cara Tuhan, dan aturan Tuhan. Kerajaan Allah tidak diselanggarakan dengan  voting, pemungutan suara, tapi berdasarkan hukum, peraturan dan nilai yang Raja buat, cara dan jalan Tuhan.

Ketika bangsa Israel jatuh pada dosa berhala, membuat dan menyembah patung lembu emas, ini adalah hasil pemungutan suara, mereka menentukan berdasarkan keinginan masa, suara terbanyak, Aron sebagai pemimpin hanya mengikuti mandat suara rakyat yang menginginkan kembali menyembah dewa dan patung! Sungguh petaka, bencana besar!

Para pembaca terkasih, dalam pelayanan Yesus , Ia tidak pernah melakukan pemungutan suara, karena 12 murid Yesus, dan 70 pengikut Yesus, menginginkan Yesus menjadi raja melawan raja Herodes, dan membangun kerajaan seperti kerajaan dunia , mereka juga tidak ingin Yesus mati di kayu salib, bahkan Rasul Peter pun melarang Yesus yang mau mengorbankan diri sebagai korban tebusan. Yesus memutuskan melayani menurut kehendak dan aturan Bapa disurga ! bukan suara mayoritas. 

gereja dalam kisah para rasul, bukanlah gereja yang pemimpinnya dipilih oleh jemaat,bisa jadi kalau Judas belum meninggal, jika pemiliham suara terbanyak, Judas akan terpilih, karena ia pandai dalam hal keuangan, materi kekayaan, sangat pandai hingga menjual Yesus.

Tuhan memilih para Rasul menjadi pastor, pemimpin gereja, bukan umat yang memilih para pastor, karena itu para Rasul tidak populis, tidak menjilat umat, dan tidak berusaha menyenangkan hati semua umat, para rasul tidak takut manusia, karena bukan jemaat yang mengangkat mereka, tapi Tuhan, dan mereka diutus Tuhan, bukan diutus oleh manusia.

Inilah kunci pelayanan dengan Kuasa Tuhan yang besar, disertai mukjizat, karunia Roh Kudus yang nyata, yakni melayani dengan cara Tuhan dan aturan Tuhan, tidak populis berusaha menyenangkan hati mayoritas umat, tapi melayani dengan cara Tuhan yakni pelayanan firman tanpa kompromi , berlandaskan iman kepada Yesus, dan penyertaan Roh Kudus.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s