Renungan harian alkitab , selasa ” why so luxury? Kenapa mewah banget?”exodus 28

Exodus 28: 15 “You shall make a breastpiece of judgment, in skilled work. In the style of the ephod you shall make it—of gold, blue and purple and scarlet yarns, and fine twined linen shall you make it. 16 It shall be square and doubled, a span its length and a span its breadth. 17 You shall set in it four rows of stones. A row of sardius, topaz, and carbuncle shall be the first row; 18 and the second row an emerald, a sapphire, and a diamond;19 and the third row a jacinth, an agate, and an amethyst; 20 and the fourth row a beryl, an onyx, and a jasper. They shall be set in gold filigree.

Beberapa orang bertanya hal ini, mengapa baju yang dikenakan iman Aron dan anak anaknya sangat mahal, dan mewah?  Dengan emas, berlian, batu topaz, sardius, carbuncle, ini harganya hari ini sangat mahal, ratusan juta ( million dollar), mengapa ?

Jawabannya; karena itu perintah Tuhan , Tuhan yang memerintahkan kepada Bangsa  israel, jadi jelas ini  bukan ide Moses dan Aron, tapi ini perintah Tuhan!

Biasanya ada saja orang yang berpikir negatif, menghakimi Moses, Aron dan anak-anakNya, mereka sesat,dihakimi teologi kemakmuran negatif, tidak hidup sederhana, dan seterusnya.

Perlu dicermati, imam Aron tidak setiap hari dalam keseharian mengenakan baju mewah ini, hanya pada saat kebaktian , perlu dicermati juga bahwa ini bukan ide Aron, tapi perintah Tuhan.

Para pembaca terkasih, mengapa Tuhan membuat perintah ini? perintah ini adalah hal mudah, dan biasa saja, karena pada saat bangsa Israel keluar dari Egypt mereka membawa kekayaan begitu banyak, mereka adalah konglemerat (multi billionare) mereka mampu dengan mudah mengerjakan hal ini, bahkan dengan sangat mudah karena mereka pun mendapatkan kekayaan berlimpah bukan karena kerja keras sebagai budak, tapi karena mukjizat Tuhan di Egypt.

Memang diperlukan kerendahan hati bagi bangsa Israel, dan kita para pembaca menerima kenyataan bahwa Tuhan memberikan perintah agar Aron, dan anak- anaknya memakai baju dengan perhiasan emas dan berlian, baju yang sangat mahal, jika tidak Moses, Aron  dan anak-anaknya , dihakimi terus menerus hingga jaman ini oleh para pembaca alkitab.

Saya sangat yakin , kalau kisah ini terjadi pada masa pembuangan di babylonia, masa dimana bangsa Israel dalam kemiskinan karena menjadi tawanan, tentunya Tuhan akan memerintahkan imam dibuatkan baju yang sangat sederhana tanpa perhiasan, Tuhan sangat bijaksana, kontekstual, dan perintah Tuhan sempurna.

Marilah kita selalu dengan rendah hati dalam membaca alkitab, dan tidak mempertanyakan atau menghakimi Moses, Aron, dan juga Tuhan, ingatlah Tuhan itu maha kuasa ,adil, dan sempurna, tidak semua hal dapat kita mengerti dengan details, percaya saja kepada Tuhan dan kesempurnaan Tuhan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s