Renungan alkitab, harian, sabtu”Tongues, Love & disicpleship, bahasa Roh, Cinta dan pemuridan “

Salam Sejahtera, para pembaca renungan terkasih ,

hari ini kita akan sama sama membaca jurnal alkitab dari 1 corinthians 13, tepatnya pasal pertama ,  ( 1 cor 13:1) ” Though I speak with tongues of men and of angels, but have not love,  i have become sounding brass or a clanging cymbal “

Love, cinta, adalah dasar dari semua yang ada didunia, Dengan  cinta Tuhan menciptakan manusia, dan manusia dicintai Allah , manusia pertama adam belajar mencintai dengan diberikannya perempuan bernama hawa, adam dan hawa saling mencintai, mereka mempunyai anak – anak dan cinta bertumbuh dalam keluarga, mereka saling mencintai, hingga timbul dosa ” pemberontakan dan iri hati ”

Rasul Paulus menjelaskan manifestasi Roh Kudus memang penting, tetapi dibanding memiliki cinta atau kasih dalam diri manusia, maka hal ini tidak ada artinya tanpa cinta, bahkan dikatakan jikalau manusia memiliki iman dan dapat memindahkan gunung sekalipun, tanpa  cinta tidak ada gunanya!

Cinta yang dimaksud adalah kepada Tuhan dan sesama, karena bukti mencintai Tuhan adalah mencintai sesama ! jikalau seseorang bertumbuh dalam cinta kepada Tuhan, maka ia akan bertumbuh mencintai sesama !

Jaman ini manusia menjadi semakin egois, dan tidak bertumbuh bahkan tidak memiliki cinta kepada Tuhan, dengan bukti mereka tidak mencintai sesama ! jaman ini adalah jaman ANTI SOSIAL ! jaman dimana orang berpusat dan berfokus pada diri sendiri bukan kepada Tuhan lagi .

Tidak heran jikalau didalam gereja kita menjumpai orang orang berbahasa Roh ( pray tongues)  tetapi mereka anti sosial, mereka mudah tersinggung, prejudice, pesimis, apatis, tidak cocok dengan banyak orang , dan menarik diri menjadi anti sosial , sunguh aneh kan mengalami baptisan Roh Kudus tapi anti sosial !!! mengapa ini terjadi ?

“Ketika seseorang mulai dibaptis dengan Roh Kudus dan salah satunya ia mulai berdoa bahasa roh, maka hal urgent berikutnya ia harus dimuridkan ( discipleship) karena manifestasi Roh Kudus bukan cara pembentukan karakter, Roh Kudus membentuk karakter manusia melalui orang lain, yang menajamkan karakter mengubah orang anti sosial ini menjadi orang yang bertumbuh dalam kasih kepada Tuhan dan sesama manusia.”

Saya sudah melayani pemuridan selama 18 tahun lamanya  dan saya sangat membutuhkan kuasa Roh Kudus, untuk memuridkan orang yang : prejudice, menghakimi,negatif, pesimis, apatis, mudah tersingung, dan tidak bisa dikoreksi , sungguh tanpa Roh Kudus saya tidak sanggup dan tidak akan bisa !Tanpa Cinta Tuhan dalam hidup saya , saya tidak mau dan tidak bisa melakukannya.

Puji Tuhan  beberapa orang dalam pemuridan yang saya jalani , mereka sembuh dari penyakit anti sosial parah dan mereka bertumbuh pada kasih pada Tuhan dan menghasilkan karakter mereka bertumbuh pada kasih pada sesama manusia !

Baik saya dan murid-murid anti sosial tersebut sama sama membutuhkan Roh Kudus, dan dalam perjalanan pemuridan, saya dan mereka bertumbuh dalam kasih : lemah  lembut, sabar, murah hati , terutama  ” love suffer  long” karena membutuhkan mukjizat bagi saya juga untuk tidak kepahitan dicurigai, dihakimi , dan menerima reaksi menyakitkan ketika saya memberikan koreksi orang yang mudah tersinggung .

Mukjizat terbesar adalah menerima Yesus sebagai Tuhan dan juru selamat, dan cinta Tuhan membuat ini terjadi .

Mukjizat terbesar kedua adalah perubahan karakter manusia menjadi anak anak Allah, dan Cinta Tuhan dalam proses pemuridan ( discipleship)  membuat hal ini terjadi

Mukjizat besar ketiga adalah: Kesembuhan, tanda ajaib dan pelbagai mukjizat fisik lainnya  hal ini terjadi karena pengorbanan Cinta oleh Yesus yang menumpahkan darah-NYa untuk menebus semua sakit penyakit, kelemahan, kutuk dan kemustahilan.

1 Corinthians 13:8 LOVE NEVER FAILS

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s