Renungan harian alkitab, jumat, Romans 14:9 How to deal bad character person/ bagaimana menghadapi orang dengan karakter buruk ?

Para pembaca Terkasih,  tanpa disadari kita telah memasuki pertengahan dari kitab Roma (The book of Romans), kitab ini  penuh dengan Rhema Firman Tuhan, dan juga lengkap dengan aplikasi dari kebenaran Firman Tuhan dalam kehidupan sehari hari , memang kitab dari surat Rasul Paulus ( Paul the Apsotles) sangat aplikatif.

Pernahkah anda menghadapi orang orang dengan cacad karakter, dan dengan berada di dekat mereka secara konstan, kita terus menerus terluka, hingga kita kehilangan damai sejahtera ?

Jujur dalam kehidupan saya,  ada banyak orang orang yang seperti ini , memang tidak semua orang cacad karakter, tapi beberapa orang saja dalam hidup kita seperti ini sudah cukup merusak damai sejahtera hidup kita !

Dalam pengalaman saya memimpin gereja, ada saja jemaat yang cacad karakter, dan mereka tidak mau berubah bahkan menghakimi semua orang, termasuk saya sebagai gembala jemaat; setiap kali ia ingin bertemu , orang ini hanya menghakimi saya, menuduh saya dengan pelbagai hal , ia sangat sensitif dan prejudice dan menghakimi semua orang , sehingga pertemuan itu hanya pertemuan penghakiman sepihak saja dan juga penuh dengan ketidak percayaan dan skeptis ,  Tentu saja sangat menguras energi, fokus, dan moralitas saya.

Dalam kelompok sel group pun , ia hanya menghakimi , menyebarkan kecurigaan, prejudice, dan bahkan membuat orang -orang lain  tidak lagi mau menghadiri pertemuan group karena ada orang ini ; mereka sangat terganggu dan tidak suka dengan orang cacad karakter ini !. Ditegur , dinasehati tidak bisa , karena ia merasa benar sendiri.

Puji Tuhan, Rasul Paulus memberikan Ayat yang sangat aplikatif tentang hal ini,

Romans 14:19 ” Therefore let us pursue the things which make for peace , and the things which one may edify others”

Kejarlah dan usahakan damai sejahtera ada dan selalu ada dalam hidupmu ,pastikan hanya hal -hal yang membangun saja yang ada di sekelilingmu,

berikan nasehat pada orang cacad karakter ini, bahwa ia perlu memperbaiki diri, karena orang orang kehilangan damai sejahtera dengan kehadirannya, dan demi kesehatan jiwa dan mental anda  lakukan tindakan hikmat dan  janganlah anda menjadi korban  orang ini , berikut beberapa  catatan hikmat  penting :

  1. Buatlah batasan agar anda tidak lagi di bully oleh tingkah laku dan kata k:ata orang ini ! Lindungilah damai sejahtera anda!
  2. Pastikan  anda hanya terlibat percakapan yang membangun dengannya jika berkomunikasi dengannya.
  3. Di awal pembicaraan komunikasikan bahwa konteks negativ, penghakiman tidak membangun dan sebaiknya sepakat membicarakan hal membangun saja
  4. Jangan sering sering bertemu, hindari pertemuan  tanpa tujuan yang jelas.
  5. Kasihi dia dengan berdoa bagi dirinya, dan membuka diri jika ia ingin bertobat dan meminta nasehat anda.

Tuhan Telah memberikan kita damai sejahtera, buatlah keputusan terus mengejar kelangsungan damai sejahtera itu dengan bersikap bijak kepada orang orang cacad karakter, negatif , skeptis, pesimis, dan gemar menghakimi !

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s