Renungan harain alkitab, senin, Matthew 18 :32-33 “Wicked Servant” ?

Ada seorang pengusaha yang berhutang 20 miliar dollar , kepada bank nasional, dan perusahaan ini gagal bayar, sehingga pemiliknya berhutang 20 milliar dollar dan terancam hukuman penjara karena tidak bisa membayar hutang , date line sudah terlampaui beberapa bulan , dan sudah sampai pada ujung kesabaran dari bank pemberi hutang !

Pengusaha ini datang kepada Pastor/ gembala di gereja dengan karunia profetik, dengan depresi berat dan memohon berlinang air mata , menjerit minta pertolongan Tuhan (meskipun berhutang 20 miliar dollar adalah ide ketamakan dia sendiri , ia minta Tuhan menyelesaikan ) dan oleh kemurahan Tuhan semata; dinubuatkan bahwa Tuhan akan tolong dengan ajaib, dan hal ini sungguh terjadi dalam hitungan minggu hutangnya lunas secara ajaib, dengan pelbagai kejadian yang tidak masuk akal,pengusaha ini bersyukur kepada Tuhan.

Tak lama kemudian salah satu pegawainya yang berhutang 1000 dollar datang dan menangis, karena tidak bisa membayar hutang pribadi kepada pengusaha ini , lalu pengusaha ini memenjarakan pegawainya di penjara karena tidak membayar hutang!

Gembala /pastor yang mendoakan pengusaha ini , bertanya kepada pengusaha ini ? mengapa kamu tidak berbelas kasihan, bukankah Tuhan sudah melunasi hutang 20 miliar secara ajaib ! apa artinya 100 Dollar? . Pengusaha ini berteriak ” UANG ADALAH UANG ! tanpa 1 dollar pun tidak akan ada 10 dollar, setiap lembar uang adalah UANG dan harus dipertanggungjawabkan !”

Lalu gembala /pastor ini, pulang dengan hati sedih, berdoa berlinang air mata !, dan Tuhan berkata ” MALAM INI JUGA PENGUSAHA KAYA TAMAK ITU AKU CABUT NYAWANYA ! karena apa yang menjadi takaran orang itu akan di ukur kan pada orang itu , terjadilah menurut ukuran orang itu , jika uang adalah uang dan setiap lembar uang berarti, maka berlakulah pula setiap dosa adalah dosa, dan tamak adalah tamak, setiap menit ketamakan akan dipertanggungjawabkan di akhirat !

Para pembaca renungan yang terkasih , saya terpukau mendengar kisah gembala ini , dan tidak terbayangkan bagaimana rasanya punya jemaat model seperti ini ! mari kita belajar dari kisah ini , bahwa kita telah menerima banyak kemurahan Tuhan, sehingga kemurahan Tuhan bukanlah untuk memuaskan ketamakan kita, tetapi menjadi saluran kemurahan Tuhan bagi umat Manusia , agar mereka mengetahui Tuhan adalah murah hati dan penyayang , dan disisi lain Tuhan juga tidak bisa dipermainkan.

Matthew 18: 32-33 Then his master, after he had called him, said to him ” you wicked servant i forgave you all taht debt because you begged me, should you not also have had compassion of your fellow servant, just as i had pity on you ?”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s