Renungan alkitab harian, minggu ” Dipimpin Roh Kudus kemana?” Matthew 4: 1

Shalom , para pembaca renungan harian terkasih , pada hari minggu yang indah ini, marilah kita bersama sama memasuki Journal Alkitab harian kita pada kitab Matthew pasal 4

Mathew pasal 4 menceritakan setelah Yesus dibaptis selam , Roh Kudus Turun atasnya dan ia penuh Roh Kudus,  Yesus telah memberikan keteladanan tentang pentingnya di baptis dan dipenuhi Roh Kudus, ia sungguh telah mendemonstrasikan sebuah Pathway-jejak langkah , bagaimana langkah langkah menjadi anak anak  Allah.

Seseorang pernah bertanya ” Pastor menurut pengajaran Yohanes pembaptis ( John The baptist) ada 3 baptisan yakni: baptisan selam air , baptisan Roh Kudus dan baptisan Api, Yesus telah mendemonstrasikan baptisan air dan Roh Kudus , bagaimana dengan Api?

Para pembaca renungan yang terkasih , setelah penuh Roh Kudus , Yesus langsung memasuki baptisan Api, yakni pemurnian dagingnya -penyaliban kedagingan -sehingga ia keluar sebagai pemenang rohani, dimana Roh Kudus bekerja total 100 % tanpa hambatan daging lagi,Ya Yesus telah dimrunikan ia melewati baptisan Api!

Matthew 4: 1-2 Then Jesus was led up by the spirit into the wilderness to be tempted by the devil, And when he fasted forty days and forty nights , afterward He was hungry.”

Saya teringat ketika saya dipenuhi Roh Kudus, dengan tanda berbahasa Roh, saya berumur 18 -19 Tahun dan setelah itu , sama seperti Yesus dibawa kepadang gurun dan dibaptis Api, maka saya dimurnikan , tidak tanggung tanggung hingga saya berumur 22 tahun , 4 tahun proses penyaliban kedagingan, di iringi banyak doa puasa.

Dalam proses 4 tahun tersebut, semua kejelekan, kedagingan, dimurnikan , semua kebiasaan  buruk pun di bereskan oleh Tuhan, sifat dan watak yang  tidak layak sebagai hamba Tuhan , dimurnikan dengan secara luar biasa , dalam proses itu pun saya berpuasa total 1 tahun lebih  ( metode puasa  1 bulan, lalu lanjut 6 bulan, dan berulang )  , dan ahkirnya pada usia 22 tahun , melalui pertolongan Roh Kudus, saya keluar dari padang gurun , dan saya mulai  siap dipakai Roh Kudus  seutuhnya tanpa hambatan hambatan karakter.

Proses ini pemurnian ini berlangsung sambil saya pelayanan, usia 19 tahun menjadi penginjil yang popolis dan banyak jatuh  berbuat salah sehingga di juluki play boy , karena banyak ganti ganti pacar dan disukai banyak gadis (  bisa dimengerti karena pengkotbah adalah public figur dan Tuhan juga memberikan saya wajah yang tampan dengan tinggi badan ideal  untuk orang asia -185 cm) -jadi karakter harus mengimbangi karunia , penting !

Usia 21 tahun menggembalakan Komunitas anak muda beranggotakan puluhan hingga ratusan orang, ,dan usia 23 Tahun mendapatkan pengesahan gelar pastoral -kependetaan !  dan selama 4 tahun ini saya menjalani padang gurun dalam pemurnian jiwa dan karakter sambil melayani di ladang-Nya.

Jikalau orang bertanya, setelah pastor dipenuhi Roh kudus, lalu dipimpin Tuhan melakukan apa ya? saya jawab Dipimpin roh kudus ke padang gurun , dimurnikan sedemikan rupan , ya Roh Kudus memurnikan saya dengan api bertahun tahun lamanya !

Pastor, lho kok lama banget 4 tahun ! Yesus cuma 40 hari ?

jawab saya : Ya karena watak, sifat dan kepribadian saya cukup buruk, dan banyak luka batin di masa lalu , dan ada yang membedakan , yakni: saya bukan Yesus, jadi kalau Yesus saja 40 hari , maka saya yang sifatnya banyak keburukannya,  bisa 4 tahun lamanya ! Roh Kudus banyak mempertobatkan saya dan butuh waktu buat saya bertobat.

Para pembaca renungan terkasih, Roh Kudus akan memurnikan karakter kita, sehingga bukan hanya roh kita yang diperbaharui Roh Kudus, tetapi Jiwa-karakter kita dimurnikan, dan kabar baiknya , selama pemurnian kuasa Tuhan akan menjadi  sangat nyata , Penyertaan Roh Kudus akan memampukan – selama kita mau berjalan dan menjadi murni bagi Tuhan , dan tentu saja yang luar biasa ; ada jaminan selama kita bergantung pada Roh Kudus, Tuhan akan membuat kita berhasil dimurnikan.

Selamat hari Sabbath, don’t forget to go to church

Leave a Reply

