Renungan harian alkitab, senin ” Need for a shepard, Zecharia 10

Para pembaca renungan harian yang terkasih , hari yang baru di awal minggu yang baru tiba, hari senin…

Di hari yang indah ini mari kita menerima berkat dari journal alktab harian kita bersama,  Zecharia 10 : 2b “… They comfort in vain, Therefore the people wend their way like sheep; They are in trouble because there is no shepard ”

Pasal 1o kitab zechariah adalah perikop tentang pemulihan umat yang akan terjadi , yang disertai hujan ahkir (turunNya Roh Kudus di ahkir jaman) , di dalam pasal 10 diungkapkan untuk hal ini terjadi , Tuhan menyatakan pentingnya hadir gembala-gembala yang utusan Tuhan , bukan gembala palsu ! , dalam konteks kita hari ini  artinya, pentingnya hadir para pastor , pemimpin gembala jemaat yang pilihan dan utusan Tuhan, bukan pemimpin agamawi hasil popularitas atau legalitas struktur agama !

Disisi lain, umat atau jemaat di ingatkan bahwa mereka tidak bisa jalan sendiri, tanpa gembala jemaat ; pemimpin rohani yang diutus dan dipilih Tuhan memimpin kehidupan mereka, maka mereka akan jatuh pada zona nyaman kenikmatan daging dan kenikmatan dunia ( they comfort in vain), domba domba mutlak membutuhkan gembala.

Suatu prinsip alkitab bahwa semua orang butuh dipimpin oleh orang orang yang ada dalam otoritas Tuhan: jemaat perlu menyadari dengan rendah hati bahwa ia butuh dipimpin oleh Gembala jemaat,  dan Gembala jemaat dengan rendah hati menyadari ia butuh dipimpin oleh gembala Agung Yesus  dan juga otoritas pemimpin kerohanian diatas gembala jemaat !

Beginilah cara Tuhan bekerja , melalui pendegelasian otoritas dan tanggung jawab, dalam kizah Zechariah; Zaerubabel memimpin umatNya kembali ke tanah air dan membangun bait Allah, Zecharia dan Hagai memimpin Zerubabel dan para Imam, sedangkan Zecharia dan Hagai mengemban tanggung jawab langsung dipimpin oleh Tuhan.

Seringkali dalam pelayanan , saya menemukan tipe orang – orang yang anti otoritas; tidak mau dipimpin oleh orang lain, bahkan dalam titik extreme mereka tidak mau bekerja dipimpin orang lain, tidak mau jadi bawahan dalam pekerjaan ( padahal panggilan mereka bukan menjadi pengusaha entrepneur) , mereka memilih lebih baik menjadi self employee bahkan pengangguran ,atau asal usaha dengan hasil sangat sedikit ( tidak cukup buat hidup) , yang penting mereka tidak mau dipimpin orang lain-tidak mau punya boss !

Sungguh menyedihkan  bahkan banyak kenalan saya sudah berumur 40 tahun , hingga 50 tahun, sudah menikah dan punya anak , tetapi mereka tidak punya pekerjaan ! pengangguran , atau menjadi self employee yang penghasilan untuk membeli susu anak dan pampers saja tidak cukup ! semua karena keangkuhan diri ! tidak membutuhkan dipimpin orang lain!

Dalam pelayanan rohani juga sama, banyak sekali orang orang yg hidup dalam keangkuhan ; lebih baik tidak menikah seumur hidup, lebih baik menganggur , lebih baik tetap miskin , atau terjerat hutang financial ber- milya milyar rupiah , daripada menerima petunjuk Tuhan atas hidupnya untuk berubah, mereka ingin menjadi Tuhan atas dirinya sendiri, dan tidak sungguh mau mendengar petunjuk Tuhan !

Tuhan befirman   ” Thery are in trouble because there is no shepard in their life        ( they didn’t want any shepard in their lifer)

Marilah kita memulai hari senin yang indah dengan mengucap syukur atas otoritas yang Tuhan taruhkan atas kita dan berdoa bagi mereka, dan juga menjadikan Tuhan sungguh berkuasa penuh bahkan atas kehendak kita, dan kita akan menikmati kehidupan dalam pimpinan Tuhan senantiasa

Happy Monday, we love monday

Advertisements

One thought on “Renungan harian alkitab, senin ” Need for a shepard, Zecharia 10

  1. Renungan firman yang sgt menuntun saya mengerti dan menyukai kisah Perjanjian Lama. Keep read it and we’ll find many things that God put in our heart to buid our inner man. Thanks Ps Cahya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s