Renungan alkitab harian , senin ” the book of Nahum”

Para pembaca renungan harian yang terkasih , hari ini kita memasuki jurnal kitab Nahum, yang hanya berisikan 3 pasal saja. Nahum adalah seorang nabi yang diberikan  mandat menyampaikan pesan pada kota Niniweh ( City of Nineveh).

Lebih dari satu abad sejak Nabi Yunus mempertobatkan kota Niniweh, bangsa ini kembali  tenggelam dalam dosa , kebejadan   kota ini terulang lagi,  bahkan lebih parah dari jaman Yunus.

Dimasa lalu mereka tidak jadi dihukum karena pesan Nabi Yunus;  mereka bertobat, dan setelah revolusi pertobatan terjadi,  kota Niniweh malah menjadi semakin makmur, dan berkenan pada Tuhan , dan semakin menjadi kota yang sangat berpengaruh pada dunia jaman itu.

1 abad berlalu, para pemimpin dan raja berganti generasi , Niniwe  kembali lagi menjadi kota yang penuh dosa dan kejahatan. Kota Niniweh adalah gambaran kota megapolitan hari ini , dimana bergelimpahan dengan dosa , berhala, dan hujat pada Tuhan dengan perilaku dan perbuatan.

Pada Abad ke 7 B.C ( seventh century B.C) bangsa ini jatuh pada kebejadan Moral dan spiritual , menjadi kota yg sangat tidak bermoral dan bejad. Nabi Nahum membawa pesan  dalam pasal 1 penghukuman Tuhan akan turun, pasal 2 nubuatan kehancuran total niniwe, dan pasal 3 lebih detail tentan hari kehancuran tersebut.

Apa yang terjadi dengan Raja Niniwe ? dan para pemimpin? bukankah pesan nabi Yunus 1 abad sebelumnya sangat revolusioner, jika kita ingat pada waktu itu seluruh bangsa Niniwe bertobat, mereka berpuasa, bahkan ternak dan hewan pun ikut berpuasa dalam pertobatan !

Nahum 3:18  Your shepard slumber, O king of Assyria, Your nobles rest in the dust, Your people scaterred on the mountains, And no one gathers them ”

Inilah yang terjadi dengan kekayaan , kemakmuran , dan pasukan prajurit yang begitu banyak dan kuat, tetapi  bangsa ini tidak mempunyai banyak pemimpin pemimpin yang takut akan Tuhan.

Para pemimpin , aparat kerajaan tenggelam dalam dosa dan tidak menggembalakan rakyatnya lagi, seperti buta akan tugasnya, dan rakyat tidak ter organisasi dan berserakan , dan bangsa , kota lain pun sangat  menginginkan kejatuhan Niniwe  terjadi , hal  ini karena kejahatan Niniwe sudah sangat besar bagi umat Manusia.

Kepemimpinan sangat penting ! jikalau semua berkat dan kemakmuran kekayaan tidak diarahkan pada tujuan yang benar dan ilahi, maka binasalah orang -orang, mereka akan jalan kearah kerusakan dan menjadi semakin buruk , Manusia adalah mahluk daging, dan jikalau tidak ada pemimpin mereka akan berjalan dalam kedagingan, tanpa visi manusia binasa, tanpa kepemimpinan manusia tidak bisa berjalan dalam visinya dengan tekun.

Di awal hari di minggu ini , hari senin, mari kita berdoa bagi para pemimpin kita; presiden, walikota , pemimpin di perusahaan kita, pemimpin rohani, gembala jemaat gereja kita, dan orang orang yang memimpin hidup kita, karena peran mereka sangat penting !

Kita bisa saja hidup sendirian yang benar, tetapi lingkungan kita , sistem ekonomi, dan budaya sekeliling kita sangat ditentukan oleh para pemimpin, seorang diri hidup benar tidaklah cukup untuk membawa budaya kerajaan Allah, kita perlu para pemimpin yang membawa budaya kerajaan Allah, keadilan dan kesejahteraan yang berkenan pada Tuhan

I pray that you hava a great  monday to start the week.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s