Renungan alkitab harian , selasa : The book of Habakuk”

Shalom, yang terkasih para pembaca renungan harian,

Kita telah bersama melakukan journal alkitab, dengan program 1 tahun akan menghabiskan minimal 1 kali pembacaan kitab dari kejadian  ( Genesis) hingga wahyu ( revelation), dan kita baru saja menghabiskan kitab Nahum.

Hari selasa ini ,marilah kita bersama membaca journal alkitab  kita bersama sama membaca kitab Habakuk.  Saya akan memberikan book overview kepada para pembaca renungan harian, sebagai berikut:

Nabi Habakuk, mengemban tugas profetik yang sulit , dimana Israel berada dalam masa kejatuhan moral dan spiritual dan menjadi bebal . Nama Habakuk berarti ; to embrace”  dan ia dikenal dengan julukan nabi yang bergumul dengan Allah. Sebagian besar kitab ini berisikan percakapan  Tuhan dan Habakuk, yang mengajakan kita pengenalan akan Tuhan dan sikap hati menjadi pelayan Tuhan yang benar.

Kitab Habakuk terdiri 3 bagian inti; bagian pertama Habakuk berdoa  dan bergumul dengan Allah, karena ia merasa Tuhan tidak berbuat apa-apa, tidak menghukum untuk mempertobatkan Israel .

Bagian Kedua: ternyata Tuhan mengabulkan dan menjawab pergumulan Nabi Habakuk,  Ia ingin Isreal di hukum dan dipertobatkan, tetapi Habakuk malah bergumul lebih hebat karena Tuhan mengabulkan keinginannya ,  ketika Tuhan menunjukan bahwa Israel akan dihukum melalui bangsa asing yang jahat untuk menawan dan memperbudak Israel,  Sebuah dilema buat Habakuk, karena  Habakuk sendiri yang meminta Israel dihukum  pada mulanya.

Bagian ketiga ; Habakuk bertanya pada Tuhan, apakah Tuhan sudah perhitungkan ulang rencana-Nya , memakai kerajaan asing yang jahat untuk menawan Israel ? dan disinilah nampak kerendahan hati, dan kehambaan diri dari seorang Habakuk, Ia mendapat jawaban dan taat sepenuhnya baik dalam hati, pikiran dan perbuatan dan percaya pada keputusan Tuhan. Meskipun keputusan Tuhan tidak nyaman bagi dirinya dan tidak seusai keinginannya  ia tetap taat.

Habakuk 3: 18 Yet  I will rejoice in the Lord! i will joy in the God of my salvation”

Dalam hidup kita, seringkali kita memaksa kemauan dan kehendak kita pada Tuhan, kita berdoa , meminta pimpinan Tuhan, tetapi kita Tuhan memberikan petunjuk /direction, kita malah menolak ,melawan petunjuk pimpinan Tuhan !

Apakah sikap seperti yang dikatakan kita telah sungguh menjadikan Yesus TUHAN ! arti Tuhan adalah = Berkuasa penuh atas hidup kita !. Para pembaca yang terkasih mari kita bersama sama mengingat bahwa Ia Tuhan, dan ketika kita belajar percaya pada pimpinan Tuhan dan tidak berjalan dalam kesombongan diri , maka kita akan mengalami yang bekemenangan dan berbahagia , I will rejoice in the Lord !

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s