Renungan harian alkitab, kamis ” Ternyata bertobat ! diluar dugaan”Jonah 3&4.

Dalam pasal 3 &4 , dikisahkan bahwa Yunus kecewa, karena ia  tidak menyangka kalau Niniwe sungguh sungguh bertobat dan mendengar pesan-Nya, bahkan ketika bangsa Niniwe bertobat dan Tuhan merevisi rencana bencana atas Niniwe , Yunus kesal.

Mengapa Yunus kesal, karena seorang nabi dinilai pelayanannya  dari nubuatannya apakah  akan terjadi atau tidak, dan Tuhan merevisi hukuman atas Niniwe, sehingga pesan bencana atas Niniwe tidak jadi digenapi, artinya Yunus akan dinilai orang -orang nabi Palsu atau setidaknya error , tidak akurat ! dan hal ini akan merusak reputasinya !

Seorang nabi yang sudah dewasa akan mengerti bahwa Tuhan lebih memilih pertobatan umat-Nya dibanding menjatuhkan hukuman , jadi seharusnya ia juga senang nubuatan bencana dibatalkan, dan juga tidak usah takut dihakimi nabi palsu atau error, tidak akurat , karena selalu dalam  prinsip dari  pesan nubuatan tentang  hal terjadinya bencana pada umat-Nya , selalu berprinsip pada pertobatan umatNya diatas urusan hukuman, karena yang Tuhan inginan pertobatan bukan kebinasaan.

Memang bisa terjadi pada saat  seorang nabi  menubuatkan bencana ,   umat-Nya segera merespon dengan   cara merendahkan diri dan berdoa mencari belas kasihan Tuhan , dan hasilnya nubuatan itu  tidak terjadi  , karena  direvisi Tuhan, dan memang bisa jadi juga akan ada  kemungkinan  orang -orang akan membully hal ini .

Butuh kedewasaan rohani seorang hamba Tuhan  untuk hidup dalam kondisi seperti ini  ,bahwa nubuatan yang disampaikan  tentang hukuman dan bencana bisa saja di revisi Tuhan sehingga tidak terjadi apa yang dinubuatkan dan ia dihakimi karena peristiwa ini .

Tahun lalu saya bernubuat bahwa dalam pemilihan pemilu presiden  akan dimenangkan oleh rezim baru , yang akan membawa perubahan besar yang baik bagi Indonesia, dan hal ini digenapi,  tetapi saya juga menubuatkan pesan Tuhan akan terjadi kekacauan dalam masa transisi perubahan kekuasaan dari rezim lama ke rezim yg baru , dan akan terjadai huru hura di indonesia, karena rezim lama tidak menerima kekalahannya.

Hal ini pun sungguh digenapi terjadi pesis seperti dinubuatkan ; rezim lama tidak menerima kekalahan, dan pada masa transisi ini semua gereja Tuhan, berdoa meminta kedamaian dalam masa transisi, meminta perlindungan Tuhan dari huru hara,segenap orang kristen dan  banyak gereja-gereja , pendoa syafaat , hamba hamba Tuhan berdoa bersama dan berpuasa bagi pemilihan presiden, meminta keamanan di Indonesia, dan Tuhan mengabulkan doa doa dan permohonan umat-Nya.

Puji Tuhan hanya ada beberapa insiden kecil dijakarta, dan tidak terjadi huru hura, presiden baru didukung militer sepenuhnya, dan insiden -insiden kecil dipadamkan tidak menjadi hal besar,  sehingga huru hura tidak terjadi , tapi….. artinya pesan nubuatan yg saya sampaikan direvisi Tuhan karena orang orang merendahkan diri mencari wajah Tuhan !, artinya nubuatan saya tidak terjadi , dan ini baru pertama kalinya dalam 10 tahun terahkir ada pesan nubuatan yang saya sampaikan  tidak terjadi !

Persis dengan Yunus!, tetapi puji Tuhan karena kitab Yunus mengajarkan prinsip Tuhan lebih mengutamakan pertobatan , perubahan umatNya , yg sungguh mencari wajah Tuhan , dibanding bencana yang akan terjadi, jadi saya tidak kecewa atau sedih , karena memang yang terbaik adalah tidak terjadi huru hara, dan juga suatu perubahan bahwa gereja-gereja semakin mencari wajah Tuhan, berdoa dengan tekun bagi bangsa dan negara.

Thanks to Yunus, sungguh kitab yang berbobot mengajarkan prinsip prinisip pelayanan dan kehidupan ..

Para pembaca renungan yang terkasih , Allah turut bekerja dalam segala hal untuk mendatangkan kebaikan bagi yang terpanggil untuk melayani dan mengasihi doa, apapun yg Tuhan putuskan selalu yang terbaik , dan ia berdaulat, kita hanya sekedar taat berjalan didalam pimpinan-Nya.

Marilah kita selalu mempercayai keputusan keputusa dan kehendak Tuhan agar terjadi dalam hidup kita, sesuai kehendak-Nya, yakni yg terbaik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s