Renungan alkitab harian ,rabu : The book of Jonah ( Yunus), Jonah 1-2

Para pembaca renungan harian, yang dikasihi Tuhan, dalam 2 hari kedepan kita akan menjournal kitab Yunus, dan mendapatkan berkat dan pewahyuan dari kitab ini , saya akan memulai dengan introduction kitab Yunus:

Kitab Yunus memuat kisah yang luar biasa yaitu seseorang ditelan oleh ikan besar hidup-hidup dan kemudian dimuntahkan kembali, tetapi di samping itu mengandung informasi aktual yang dapat dibuktikan keberadaannya dalam sejarah:

  • Bentuk kitab ini adalah cerita sejarah (bukan perumpamaan)
  • Yunus bin Amitai memang benar ada. Ada catatan sejarah di luar kitab Yunus, yaitu 2 Raja-raja 14:25 yang menunjukkan bahwa ia hidup pada zaman raja Israel Yeroboam yang memerintah dari sekitar tahun 787 – 747 SM.
  • Orang Yahudi meyakini kisah Yunus adalah sejarah (Flavius Yosefus. Antiquitates Iudaicae. IX, 10, 2).
  • Orang Kristen memandang kisah Yunus sebagai sejarah, terutama karena dikutip oleh Yesus Kristus (Matius 12:39, 40; Lukas 11:29).
  • Niniwe adalah kota yang benar-benar pernah ada dan sudah dilakukan penggalian arkeologi untuk membuktikannya.

Dalam pasal 1 dan 2 ada beberapa hal yang menarik

  1. Yunus mengetahui bahwa ia sedang melarikan diri, ia merasa bersalah, tetapi ia tetap tidak mendengarkan hati nurani , hal ini serupa dengan kita , kadangkala kita menyadari sesuatu yang kita lakukan adalah salah, tetapi kita terus melakukannya.
  2. Yunus masih mempunyai kerendahan hati , mengakui bahwa hal hal yang buruk ahkirnya dialami orang orang sekitarnya karena dirinya yang memberontak dan dengan rendah hati ia meminta dirinya dilempar kelaut, karena ia tau didikan Tuhan ini adalah untuk dirinya, dan orang orang lain tidak perlu menanggung proses ini .
  3. Sikap Hati Yunus ini yang rendah hati , mengakui kesalahan kepada Tuhan dan berbalik , ternyata bahkan ketika  proses pertobatannya masih berjalan dalam proses  , ia berhasil  secara tidak langsung mempertobatkan orang orang lain menjadi takut akan Tuhan.

Jonah 2 :12 And he said to them “Pick me up and throw me into the sea, then the sea will become calm for  you , For i know that this great tempest is because of me.

Jonah 2:15 ” they pick up Jonah and threw him into the sea , and the sea ceased from its raging, Then the men feared the Lord exceedingly, and offered a sacrifice to the Lord and took vows”

Prinsip ini menyatakan bahwa pertobatan adalah proses, dan bahkan ketika dalam proses pertobatan kita masih bisa dipakai Tuhan membawa orang lain mengenal Tuhan .

Jadi  pemahaman bahwa hanya orang orang sempurna saja dan yang sudah 100 % sempurna baru bisa dipakai Tuhan tidaklah benar, Yunus yang bertobat tetap dipakai Tuhan bahkan dalam proses pertobatan  sedang berjalan, ia tetap dipakai Tuhan.

Meskipun Yunus awalnya melarikan diri, Ia tetap di kasihi Tuhan  Tuhan mendidiknya , Tuhan juga  pulihkan panggilannya , dan orang orang dipertobatkan oleh perjalanan hidup Yunus, secara luar biasa bahkan sampai hari ini pun setelah ribuan Tahun , orang orang tetap dipertobatkan ketika membaca kitab Yunus.

Saya belajar dari pengalaman hidup , ketika saya menjadi murid Kristus dan melayani  dengan mengawali pelayanan menjadi  penginjil -pengkotbah ;  dimana  pada masa masa awal menjadi hamba Tuhan ini , saya  banyak  membuat kesalahan , dan jauh dari sempurna, tetapi didalam kerendahan hati dan bergantung pada Tuhan,  banyak jiwa yang datang pada Yesus dan diubahkan bahkan dimuridkan dan nama Tuhan dipermuliakan.

Saya menyadari pertobatan adalah proses terus menerus diperbaharui dan dalam proses itu , Tuhan akan memakai orang orang yang rendah hati menjadi alat-Nya, bukan orang yang sempurna tetapi orang yang rendah hati .

Advertisements

One thought on “Renungan alkitab harian ,rabu : The book of Jonah ( Yunus), Jonah 1-2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s