Renungan alkitab harian , senin ” Kuasa doa seorang pemimpin “

Para pembaca renungan yang terkasih, seperti kita ketahui bersama ; memimpin umat pemberontak adalah hal yang sulit, apalagi berdiri diantara otoritas diatas dan  bawahan .

Kitab Amos menceritakan sebuah peristiwa serupa, dimana umat Israel dan juga sang raja yang memberontak pada Tuhan, dan Amos diutus Tuhan membawa pesan perubahan, pengharapan dan masa depan.

Tentu saja pemimpin harus berpihak kepada otoritas diatasnya, tidak bisa populis, dan tentunya dalam  nilai nilai Kekristenan  panggilan kepemimpinan adalah suatu panggilan untuk  mengayomi kebawah tanpa mengurangi nilai dan standard kebenaran.

Ketika situasi menjadi genting, dimana umat yang dipimpin sangat kacau, maka seorang pemimpin masih bisa berbuat sesuatu yang powerfull yakni berdoa dan membuat kesepakatan dengan Tuhan.

Amos mendapat penglihatan tentang hukuman yang seharusnya turun atas umat Isreal pada jamannya , dan ia mengerti bahwa seorang pemimpin membawa kuasa dan Otoritas Tuhan ,seorang pemimpin kristen selalu bersepakat dengan Tuhan dalam segala hal , karena itu Amos  berdoa dan bersepakat dengan Tuhan, dan ini suatu pembelajaran yang luar biasa, kita menemukan fakta bahwa Tuhan setuju dengan Amos  dan ia menerima penawaran Amos sebagai hamba Tuhan yang bersyafaat berdiri untuk mengisi  celah jarak antara umat yang jauh dari Tuhan dengan Tuhan sang pencipta.

Petaka hukuman yang seharusnya terjadi Tuhan bebaskan dari pada Israel, karena Amos mengajukan penawaran dan Tuhan menghormati dan mengabulkan permintaan Amos.

Amos 7:5 ” then I Said: O Lord God , Cease, I pray! oh that Jacob may stand, For he is small!.  So the Lord relented concerning this. ” This also shall not be” Said the Lord  God.

Suatu pewahyuan yang luar biasa, seorang pemimpin , dan hamba Tuhan bersepakat dengan Tuhan, dan ternyata ketika pemimpin mengajukan penawaran kepada Tuhan, Tuhan menghormati dan memberikan keringanan karena “Kuasa doa Seorang pemimpin “, sungguh kesepakatan dengan Tuhan luar biasa !

hari ini adalah hari senin, mari kita memulai minggu yang baru dengan berkat perutusan yang baru dan tentu saja kasih karunia dan pengurapan Tuhan yang baru untuk sepanjang minggu ini , tetaplah mencari wajah Tuhan , berdoalah selalu diawal hari , rendahkanlah diri dan berjalanlah sepanjang hari dengan penyertaan Tuhan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s