Renungan harian alkitab, senin ,” Bagaimana perasaan Tuhan, Hosea 1-4″

Introduction Kitab Hosea :

kitab ini adalah  kitab nabi nabi kecil yang  yang disusun pada urutan pertama, setelah kitab nabi nabi besar. ( dalam pengurutan kitab di alkitab)

Kitab ini  mengambil setting dan masa kembali pada masa kejayaan financial Israel tetapi miskin secara rohani ( berbeda dengan kitab Daniel yang mengambil setting pada masa pembuangan Babylonia, masa kerajaan Babylon, Meden dan Persia , jadi perlu diingat ini bukan sambungan kisah Daniel, karena setting waktunya berbeda.

Hosea adalah seorang nabi , seorang pelihat dan juga berfungsi sebagai penyampai pesan Tuhan dan isi hati Tuhan kepada UmatNya, ia sungguh taat dan setia pada tugasnya, dengan harga yang sangat mahal Hosea melaksanakan tugas kenabian membawa suatu pesan ” Betapa besar cinta Tuhan pada Israel  ,dan Israel membalas cinta Tuhan dengan berselingkuh kepada dewa dewa lainnya, memyembah berhala, dan Tuhan terluka hatinya, tetapi cinta Tuhan melampaui persundalan umatNya, ia terus memanggil umatNya kembali pada kesetiaan dan kemurnian  cintaNya”

Hosea ditugaskan menikahi seorang pelacur yg mentalnya cabul dan pezinah, ia bukan hanya berprofesi pelacur tetapi karakternya memang menyukai perzinahan dan percabulan , Hosea mempunyai anak anak dari Gomer (istrinya seorang cabul dan pezinah ) , dan ia harus menjelaskan kepada anak anaknya mengapa ibunya sering tidak pulang kerumah dimalam hari ( Gomer senang berzinah dan melacur sexual  ) dan terus mencintai dan berharap istri dan ibu dari anak anaknya berubah hidupnya.

Hosea tidak memilih menikahi Gomer karena ia jatuh cinta pada Gomer, Ia memilih taat kepada Tuhan dan belajar mencintai Gomer  ; sebagai nabi ia taat pada perintah Tuhan , dan menjalani kehidupan yang menderita secara perasaan karena mempunyai istri yang seperti Gomer.

Banyak orang membaca dan bertanya, bagaimana perasaan Hosea menjalankan tugasnya ? Hosea pasti dicibir !, di bicarakan !, dihakimi oleh umat karena karakter istrinya ! , apalagi Hosea adalah Nabi dan  ia menikahi pelacur ?

Para pembaca budiman , banyak orang ingin memiliki karunia profetik, atau kenabian , tetapi tidak mengerti bahwa seorang dengan karunia kenabian adalah seorang yg  Task oriented dan berfokus pada pesan Tuhan, ia hidup bagi Tuhan, tujuan hidupnya adalah tugas yang Tuhan berikan semata, dan bukan seorang yg populis atau orang  sensitif -pemikir yang  suka berlarut larut dengan perasaanya sendiri , atau seorang yang berstatus qou menghindari konflik.

Seorang hamba Tuhan teman saya dari Belanda, bertanya kepada saya mengapa engkau tidak mendelegasikan tugas karunia profetik yang kamu emban kepada para pemimpinmu di gereja? saya menjawab, kalau saya bisa melakukannya saya pasti melakukannya sejak dulu, tetapi karunia profetik/kenabian adalah hak prerogatif Tuhan-Tuhan yang memilih , tidak sembarang orang bisa melayani pada pelayanan ini ! kalau sekedar bernubuat dalam level umum , masih mungkin, tetapi mengemban tugas profetik  dalam hidupnya?

Ya, Hosea adalah hamba Tuhan dan Tuhan memilihnya dan menyertai kuasa, mengenai perasaan Hosea , tentunya ia sedih, hancur, tidak bahagia, kecewa , dan sudah banyak air mata berlinang diwajahnya menghadapi istri seperti Gomer.

Para pembaca yang terkasih  ,  dengan membaca kita Hosea , kita bisa mengerti ” Bagaimana perasaan Tuhan , menghadapi umat Israel” , bagaimana perasaan Tuhan yg sangat mencintai kita umatNya, sedangkan umatnya sibuk berzinah, berhala pornografi, berhala uang, berhala pekerjaan, berhala hatinya pada hal hal lainnya , dosa dosa  , sungguh hancur , sedih  , tetapi cintanya tetap setia dan menanti umatnya berubah, dan pada ahkirnya dengan terpaksa Tuhan mendidik umat-Nya israel dengan mengirim  pada pembuangan dikemudian hari ”

Selamat memulai minggu yang baru , dengan hati yang baru , Kuasa dan kasih Tuhan Yesus menyertai kita semua, we love monday..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s