renungan harian alkitab,minggu” ingin melayani karunia profetik?sungguh?

Dalam pelayanan saya sebagai hamba Tuhan dgn karunia apostolik-profetik selama 17 thn terahkir, banyak orang orang bertanya dan ingin masuk pelayanan profetik, karena ingin mendengar suara Tuhan dgn tajam dan merasa keren melayani dengan karunia ini .

Saya selalu bertanya sungguh seriuskah anda mau pelayanan profetik? dan pasti jawabannya mereka sangat serius ( kata mereka)..

Demikian standard operation procedure ( SOP) , pelayanan profetik:

Yehezkiel 33:7-9 (TB) Dan engkau anak manusia, Aku menetapkan engkau menjadi penjaga bagi kaum Israel. Bilamana engkau mendengar sesuatu firman dari pada-Ku, peringatkanlah mereka demi nama-Ku.

Kalau Aku berfirman kepada orang jahat: Hai orang jahat, engkau pasti mati! — dan engkau tidak berkata apa-apa untuk memperingatkan orang jahat itu supaya bertobat dari hidupnya, orang jahat itu akan mati dalam kesalahannya, tetapi Aku akan menuntut pertanggungan jawab atas nyawanya dari padamu.

Tetapi jikalau engkau memperingatkan orang jahat itu supaya ia bertobat dari hidupnya, tetapi ia tidak mau bertobat, ia akan mati dalam kesalahannya, tetapi engkau telah menyelamatkan nyawamu.

Dari pengalaman saya pribadi , sebagian besar ( diatas 60 %) orang orang yang menerima pesan Tuhan berupa : teguran, atau koreksi, atau direction tapi tidak sesuai dengan keinginan hatinya, segala pesan yang tidak seusai ego pribadi mereka, maka ketika saya nubuatkan akan ngambek, tidak terima, dan bahkan sering juga menyerang saya balik dengan membully saya dengan fitnah ; saya hamba Tuhan tidak benar, ngaco, nabi palsu,sesat tidak alkitabiah dan banyak hal lainnya.

TAPI…… kalau pesan Tuhan yg saya sampaikan adalah : promosi ,naik gaji, berkat keuangan , dapat pasangan hidup segera datang , dan semua yang menyangkut hal hal yang menyenangkan ego manusia, maka mereka akan menyanjung saya , memuji, mengatakan saya memang hamba Tuhan sejati dan semua pujian perkataan manusia.

Saya hanya tersenyum..inilah sifat dasar manusia , hanya mau kaya, berkat, promosi , tetapi hidup semaunya sendiri; anti bimbingan Tuhan , anti koreksi, anti teguran, dan Hamba Tuhan dengan karunia profetik hanya menjadi samsak ( alat pukul ) ego mereka..

Apalagi jika mengoreksi orang orang yg cinta uang , ketika pesan Tuhan baik firman Tuhan bentuk kotbah atau pesan profetik yang menyentuh hal ” tuhan berhala mereka” ( cara mengelola uang -tamak-cinta uang ) mereka akan membulyy habis hamba Tuhan dan mereka akan segera keluar dari gereja dengan sebelumnya menyebar perpecahan karena uang sangat super sensitif bagi mereka ( Tuhan mereka).

Karena itu seorang yang melayani profetik harus mempunyai profil siap konfrontasi dengan manusia,karena ia takut akan Tuhan dan bukan penjilat manusia, orang orang populis yg tidak mau konfrontasi tidak cocok melayani profetik mereka akan mencari popularitas dan berusaha tidak menyinggung hati manusia, tapi melawan pesan Tuhan bahkan bisa bisa berbohong menyampaikan yg baik baik karena takut manusia , ingin dicintai semua orang !

Orang orang yang sensitif mudah tersinggung, tidak bisa menerima kritik sehingga tidak mau mengkritik karena takut di kritik balik, juga dengan cepat akan kepahitan jika masuk pelayanan profetik , karena orang orang yg tidak suka pesan Tuhan yang mengkoreksi atau pesan pimpinan Tuhan yg tidak sesuai ego mereka , maka mereka akan membully hamba Tuhan dengan pikiran , perkataan, bahkan pandangan mata sinis merendahkan , dan seperti kita ketahui orang orang prejudice akan terus menerus mencari kesalahan menyerang dan mengkritik hamba Tuhan terus menerus.

Saya sudah terlalu sering dihakimi, salah satu contoh kasus: ketika pakai mobil jelek dihakimi tidak beriman -miskin -kurang doa, lalu saya ganti mobil baru -kategori city car yang tidak mahal, dengan uang sendiri dan sebagian kredit, saya dihakimi lagi pendeta kok punya mobi baru-dituduh korupsi, ditertawakan dan dihina karena saya berhutang KPR ( dimana cicilannya tidak mahal dan sangat terjangkau ) , hingga model rambut saya pun dibully, banyak rambut putih pun saya dihakimi, sungguh golongan farisi ini memang pakar dibidang prejudice dan menghakimi .

Pernah beberapa saat saya berpikir, betapa beratnya karunia prophetik, harus menyampaikan pesan teguran pada orang orang cinta uang, anti otoritas, sensitif, prejudice, karena setiap pesan teguran atau pimpinan Tuhan yang tidak seusai dengan EGO Mereka, saya akan menjadi sasaran bully mereka , dan yang menyakitkan adalah jika mereka adalah jemaat gereja yang saya gembalakan dan dari minggu ke minggu mereka membully saya, menjelek jelekan ke anggota jemaat , dan saya mengetahui hal ini dan tetap harus bersabar terhadapnya..

Pikiran itu sirna, ketika saya membaca kitab yeremia, yehezkiel , Yesaya, ternyata saya harus banyak belajar dari mereka semua , dan menjadi hamba Tuhan dengan karunia profetik adalah Tuhan yang memilih, suatu kehormatan dan Tuhanlah yang memberi kekuatan, karena hidup bagi Tuhan dan mati adalah suatu keuntungan.

Saya berharap renungan hari ini , memurnikan para pembaca yang ingin masuk dalam pelayanan profetik, agar terpanggil bukan karena ingin hebat dan dengar dengaran dengan Tuhan saja, tapi karena mencintai Tuhan lebih dari pada cinta manusia dan cinta diri sendiri

selamat hari sabath, selalu beribadah ke gereja, dimanapun anda berada

Leave a Reply

