Renungan harian alkitab, minggu ” Pembelajaran tentang pemberontakan kepada Tuhan”

Apa yang bisa kita pelajari dari Kitab Lamentation ( ratapan) pasal 1 dan 2?

Kalau kita hanya membaca sepotong dan tidak menjournal membaca alkitab dari kitab kitab sebelumnya, kemungkinan besar akan terjadi prejudice dan penghakiman kepada Tuhan..

Lho kok Tuhan bisa murka? katanya Tuhan adalah kasih? lho kok malah diutus raja babylonia menawan umat Israel? apa isinya pasal 1 dan 2 cuma hal hal buruk?

Untungnya kita dengan bijaksan sudah melakukan pembacaan Alkitab bersama yang berurutan dengan sistem Journal harian, sehingga kita tau dengan persis kisah seutuhnya, demikian fakta faktanya

a) Sudah berpuluh puluh tahun Umat Israel rebbel , memberontak terhadap Allah, dengan sengaja dan semakin parah berulang hingga menjadi budaya baru yakni memberontak terhadap Tuhan

b) Sudah berpuluh puluh tahun umat israel membully dengan perkataan , fitnah , tuduhan, kepada nabi nabi utusan Tuhan , bahkan mereka juga menganiaya secara fisik, sudah terlalu banyak hamba hamba Tuhan teraniaya perkataan, tuduhan , pikiran , bahkan secara fisik .

c)  Karena Tuhan mengasihi umat Isreal maka ia menegor dan menghajar umatnya agar kembali pada karakter umat Allah dan generasi berikutnya tidak binasa, belajar dari kemurtadan pendahulu mereka, dan melihat didikan Tuhan agar tidak main main dengan Tuhan.

Hanya dengan fakta diatas, yang kita ketahui dari kitab kitab sebelumnya, maka jelaslah duduk perkaranya, bahwa memang Rebbelion sudah menjadi budaya dan karakter israel sudah keterlaluan.

Pelajaran berharga buat kita, adalah jangan memandang remeh nubuatan , dan jangan memandang remeh didikan Tuhan, lebih baik kita membuat keputusan mau ikut Tuhan dan taat tanpa syarat daripada kita memberontak terus menerus , dan menjadi sangat parah..

Adakah firman Tuhan, tentang prinsip keuangan, prinisip kejujuran, prinsip hidup untuk amanat agung, prinsip melayani sebagai pemimpin, yang kita belum taat? ini waktu yang tepat untuk kembali hidup dalam ketaatan dengan kehendak bebas kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s