Renungan harian alkitab, jumat ” Weeping prophet Jeremiah; introduction kitab yeremia”

Para pembaca renungan yang terkasih ,

besok kita akan memulai journal alkitab harian dari kitab Yeremia

Mari kita membahas latar belakang kitab Yeremia , sebelum esok kita memulainya :

Yeremiah lahir diahkir masa dari Raja Josiah , raja terahkir yang baik pada pemerintah kerajaan Judah,

Yeremia melayani dalam masa ahkir pembuangan babylonia, pada saat terjadinya kemerosotan moral, politik dan kerohanian bangsa Isreal, Ia melayani sejak masa remaja ( youth) dan Tuhan meluncurkan dia menjadi nabi atas bangsa bangsa.

Yeremia adalah seorang imam dengan karunia kenabian diwaktu yang sangat sulit, dalam kitab Jeremiah 7:27 -28 bahkan Tuhan telah memberitahukan kepada Jeremiah bahwa orang orang Israel tidak akan mengikuti kepemimpinannya bahkan akan menentang, Tuhan telah memberitahukan tingginya tingkat kesulitan  pelayanan Jeremiah.

Tuhan menaruhkan pesan pesan yang berat dan keras untuk Jeremiah sampaikan pada bangsaNya; pesan pertobatan, menaikkan standar nilai dan kerohanian yg sudah bobrok, dan mensosialisasikan nilai nilai kerajaan Allah yang benar,

Karena itu Tuhan memberikan kekuatan visi ilahi, ia membukakan visiNya, sehingga Yeremia tau sejak dalam kandungan ia telah dipilih dan diurapi menjadi nabi atas bangsa bangsa, Yesaya Tuhan ciptakan menjadi orang yang sangat TASK oriented, sehingga melewati bertahun tahun penolakan, dan ejekan , serta dimusuhi banyak orang , ia terus berjalan meyelesaikan tugasnya.

Meskipun Jeremiah sangat kolerik, sangat Task oreinted, ia juga manusia, sehingga ia banyak sekali mencucurkan air mata karena dihakimi, dibicarakan, dijelek jelekan, dikatakan nabi palsu, dikatakan sesat, dikatakan tidak punya kasih, dihakimi oleh seluruh bangsa yang memang bangsa tegar tengkuk.

Jeremiah dikenal sebagai  WEEPING PROPHET , nabi yang meratap dan menangis !

Sungguh luar biasa dia terus berjalan, Visi ilahi dari Tuhan membuat ia setia dan berjalan sampai ahkir tugasnya, dan ia tidak menjadi pahit dan kecewa, pengalaman dihakimi , dituduh, dibicarakan sebagai nabi palsu, dan semua BULLY terhadap dirinya ia lewati dengan tabah.

Bahkan beberapa kali ia dianggap penghkianat  oleh raja dan bangsanya karena menubuatkan bahwa israel akan jatuh, dan kalah dalam pertempuran dan harus bertobat, begitu banyak percobaan pembunuhan terhadapnya gagal terjadi .

Yeremia adalah seorang nabi, karunia profetik adalah karunia Roh Kudus,

Yeremia yang mengetahui panggilan dalam hidupnya , ia tau identitas ilahi akan dirinya dan ia PENUH ROH KUDUS !

hanya satu untaian kata bagimu; terimakasih untuk keteladanmu Yeremia,

Sampai berjumpa nanti di surga ..

Kita semua suatu hari setelah menyelesaikan tugas amanat agung seusai yg Tuhan tetapkan akan berpulang dan berjumpa denganmu…

once again Thanks four life inspiration …may the Love of Jesus and the power of holy spirit  lead us to be a humble man of God Like Jeremiah…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s