renungan harian alkitab, senin: Cara membaca kitab ayub ?Ayub 20-21

Pak pendeta, saat membaca kitab Ayub :

– saya ikut ikutan complaint ama Tuhan

– Saya nga sanggup baca adegan berbalas pantun nga jelas, nga ada isi,saya merasa kitab ayub bertele tele

-Saya merasa ngedwon malahan, saya jadi merasa kok Ayub bisa mengalami Itu

– Saya inginya , kita Ayub dihilangkan saja dari alkitab,menuhi menuhin alkitab

– saya jadi khawatir harta saya yang banyak hilang, sepert Ayub, atau tiba tiba cilaka sepeti Ayub ,saya kehilangan rasa aman (karena harta saya banyak )

Beginilah sharing dari beberapa orang yang sedang menekuni membaca kitab ayub hingga habis..

Saya sangat mengerti  , karena memang kitab Ayub dikategorikan sebagai kitab sastra Hikmat, artinya banyak penekanan penekanan kalimat dan pelebaran impresi, dan yang dilakukan dalam karya tulis itu, memang kitab Ayub bukan kitab yang to the point atau bukan sinopsis yang mudah dimengerti, membutuhkan hikmat membacanya

Berikut ini beberapa pedoman  cara membaca kitab ayub

1) jangan setiap kalimat dijadikan rhema direnungkan siang malam, jangan lakukan itu!, setalah memabca 5-10 perikop dan tariklah kesimpulan dari 10-20 perikop, tentang apa yang terjadi, jangan buat kesimpulan per ayat, simpulkan dan tarik rhema dari SATU KITAB PENUH DARI Ayub.

2) Ikutilah dinamika cerita yang berbalas pantun tanpa prejudice dengan sabar, memang  kadang isinya hiperbola, dengan bahasa impresi  puitis , contoh ayub mengutuki hari lahirnya ( ini adalah suatu gambaran bahwa AYUB LAGI DEPRESI BERAT, dia sedang mengasihani diri), jadi JANGAN DISIMPULKAN per ayat TAPI PER SELURUH KITAB, perhatikan ENDING dari kitab AYUB, yang  menjadi klimaks saat Tuhan menjawab dan memulihkan AYUB

3.Bacalah kitab Ayub terutama di bab – bab awal dengan MEMANDANG KEBAIKAN TUHAN , dan kebesaran Tuhan , bukan berfokus pada kata perkata keluhan ayub , atau tuduhan palsu dalam adegan berbalas pantun yang tidak membangun.

kitab Ayub mencapai klimaks diahkir dimana , kesimpulannya akan KEBESARAN dan keajaiban Tuhan ada di akhi

semoga, beberapa panduan diatas, menjadikan pemahaman yang benar tentang bagaimana cara membaca kitab AYUB.

Para pemimpin dan pembaca yang budiman, kehidupan kita pun sebenarya naik dan turun, kalau kita berusaha mengertinya sepotong sepotong dan tidak melihat garis besar dari Tujuan Allah bagi kita, dan Misi kehidupan kita sebagai murid Kristus yakni menjadikan murid murid Kristus dari segala bangsa, maka kita akan terjebak pada details episode harian yang hanya bagian kecil , dan bukan gambaran keseluruahan dari kisah hidup kita yang Tuhan telah tentukan ,

Berhati hatilah tidak menarik kesimpulan dan prejudice negatif pada kisah hidup kita harian, ingatlah gambaran besar tentang kehidupan yang berkelimpahan dan berkemanagan dalam Tuhan yang akan menarik jiwa jiwa menjadi murid Kristus melalui teladan hidup kita, inilah gambaran besarnya

Selamat menjalani minggu yang baru, we love monday

Leave a Reply

