Renungan alkitab harian, senin ” salah mendengarkan”, 1 Taw 10

Tidak semua pendapat atau masukan dari semua orang harus dijalankan, karena semua orang punya pikiran yang berbeda.

Pilihlah sejumlah orang, untuk dimintakan pendapatnya, dan jangan tanya semua orang, atau berusaha menjadi populis  dengan  mengikuti semua kata orang ,demi menyenangkan hati semua orang.

Raja Rehobom , anak Salomo tidak seperti ayahnya, dia sangat tidak berhikmat. Ayahnya saja yang dikenal sebagai raja paling berhikmat di muka bumi pada masanya, masih meminta advice dari para penasehat yang terpilih: penasehat kerajaan, para imam dan para nabi.

Raja Rehoboam, tidak mendengarkan siapapun, kecuali teman masa kecilnya yang seumur dengan dia, dan dijadikan penasehat kerajaan. Rehoboam Salah mendengarkan;

Dalam menentukan siapakah yang dapat dimintai nasehat dan didengarkan nasehatnya , ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi , yakni sebagai berikut:

1. Dia harus orang yang Beriman dan mengetahui visi dari Tuhan ( amanat Agung)  :

a) jika anda mendengarkan nasehat orang yang tidak beriman, nasehatnya akan bertentangan dengan nilai iman kristiani,

b) Jikalau anda bertanya pada orang Kristen yang tidak tau visi amanat agung ( Pemuridan ) , maka nasehatnya akan hanya berfokus pada amanat harta-tahta -dan cinta saja ( nasehat berorientasi self center) , tidak akan memberikan nasehat yang berorientasi untuk menyelesaikan misi kehidupan menjadikan segala bangsa murid Kristus.

2. Dia haruslah bukan seseorang yang berwawasan sempit, dan kurang pengetahuan  : pendapat dari orang berwawasan sempit dan kurang pengetahuan, akanlah dangkal, sempit dan cenderung narrow minded!

3.Dia seseorang dengan track record berpengalaman dalam memimpin,  dan terbukti berhikmat:

a) seringkali para penasehat yang bukan orang lapangan  terlalu prosedural , rigid.

b) jikalau  seorang penasehat tidak mempunyai pengalaman memimpin, maka kriteria kemampuan sound of judging              ( menimbang perkara) dan people skills nya lemah.

Ketiga kriteria ini tidak ada dalam diri penasehat Raja Rehoboam, yang menjadi kriteria dalam pemilihan penasehat  adalah : TEMAN SEPERMAINAN MASA KECIL”

2 Taw 10 : 8 ” But he rejected the advice which the leaders had given him, and consulted the young men who had grown up with them, who stood before him”

Karena salah mendengarkan , hancurlah kerajaaan  yang dibangun sang ayah , Salomo…

Saya jadi penasaran siapakah nama penasehat dari raja Rehoboam ? karena tidak tertulis dialkitab , jadi saya beri julukan saja  ”  si teman sepermainan”.

Ini pelajaran sangat berharga , janganlah kita meminta nasehat pada teman sepermainan anda, karena dunia ini bukan permainan !

Mintalah nasehat pada mentor yang berkualitas , dan pada hamba hamba Tuhan yang berkarunia marifat, hikmat dan membedakan Roh, sehingga kita tidak ” SALAH MENDENGARKAN ”

WE ALL LOVE MONDAY,,,,

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s