renungan alkitab harian, selasa :” baca sampai selesai?”Ayub 23-24

Waah, Ayub kambuh lagi berbalas pantun complaint !

Ngeri banget, curcolnya Ayub….hidup kelihatannya susah banget..

Biasanya sampai diatas ayat 20, banyak orang orang berhenti baca kita Ayub dengan sungguh sungguh, ya wajar saja,

karena kitab sastra hikmat Ayub mengandung unsur puitis melankolis didalamnya, sehingga banyak para frase dan sering hiperbola ..

Tetapi yang mengusik para pembaca adalah konten dari ayub pasal 1-20, sebuah babak yang menggambarkan bahwa orang yang sangat kaya bahka kongloremat, hartanya begitu banyak , anak -anaknya banyak, pegawai yang banyak, dimana kondisi ini adalah ciri ciri SUKSES ala dunia, Ternyata dalam hitungan minngu habis ludes.

Sebuah fakta bahwa kekayaan yang amat besar, tidak ada artinya jika bencana, ata pagar api dari Tuhan diangkat,dengan cepat iblis akan membinasakan

ada dua tipe pembaca dari segi perekonomian, pembaca yang kaya dan miskin.

Pembaca yang kaya sangat terusik sekali, karena ia jadi berpikir , apa yang terjadi pada Ayub bisa terjadi pada dirinya, dan terus membaca pasal 1-10 dan menemukan malah makin miskin, dan lanjut membaca pasal 10-20 malah sakit keras , menderita , kehilangaan semua sampai titik nadir,,,dan ahkinya pembaca tidak suka kitab Ayub ..tidak sesuai dengan SUKSES ala dunia….

Para pemimpin dan pembaca yang Budiman Ayub pasal 1-20 membuktikan bahwa kekayaan yang amat banyak ,bukanlah kesuksesan sejati dan kekaayaan tidak bisa membeli “anti bencana”, bahwa Tuhanlah penguasa alam semesta , harta yang sangat banyak bukanlah tujuan hidup

untuk tipe pembaca kedua, saya akan membagikannya esok hari..

selamat beraktivitas, tetap beriman tetap percaya bahwa TIDAK ADA NAMA YANG LEBIH BESAR, YESUS KRISTUSLAH Tuhan pencipta alam semesta, berkuasa penuh atas dunia.

Advertisements

renungan harian alkitab, senin: Cara membaca kitab ayub ?Ayub 20-21

Pak pendeta, saat membaca kitab Ayub :

– saya ikut ikutan complaint ama Tuhan

– Saya nga sanggup baca adegan berbalas pantun nga jelas, nga ada isi,saya merasa kitab ayub bertele tele

-Saya merasa ngedwon malahan, saya jadi merasa kok Ayub bisa mengalami Itu

– Saya inginya , kita Ayub dihilangkan saja dari alkitab,menuhi menuhin alkitab

– saya jadi khawatir harta saya yang banyak hilang, sepert Ayub, atau tiba tiba cilaka sepeti Ayub ,saya kehilangan rasa aman (karena harta saya banyak )

Beginilah sharing dari beberapa orang yang sedang menekuni membaca kitab ayub hingga habis..

Saya sangat mengerti  , karena memang kitab Ayub dikategorikan sebagai kitab sastra Hikmat, artinya banyak penekanan penekanan kalimat dan pelebaran impresi, dan yang dilakukan dalam karya tulis itu, memang kitab Ayub bukan kitab yang to the point atau bukan sinopsis yang mudah dimengerti, membutuhkan hikmat membacanya

Berikut ini beberapa pedoman  cara membaca kitab ayub

1) jangan setiap kalimat dijadikan rhema direnungkan siang malam, jangan lakukan itu!, setalah memabca 5-10 perikop dan tariklah kesimpulan dari 10-20 perikop, tentang apa yang terjadi, jangan buat kesimpulan per ayat, simpulkan dan tarik rhema dari SATU KITAB PENUH DARI Ayub.

2) Ikutilah dinamika cerita yang berbalas pantun tanpa prejudice dengan sabar, memang  kadang isinya hiperbola, dengan bahasa impresi  puitis , contoh ayub mengutuki hari lahirnya ( ini adalah suatu gambaran bahwa AYUB LAGI DEPRESI BERAT, dia sedang mengasihani diri), jadi JANGAN DISIMPULKAN per ayat TAPI PER SELURUH KITAB, perhatikan ENDING dari kitab AYUB, yang  menjadi klimaks saat Tuhan menjawab dan memulihkan AYUB

3.Bacalah kitab Ayub terutama di bab – bab awal dengan MEMANDANG KEBAIKAN TUHAN , dan kebesaran Tuhan , bukan berfokus pada kata perkata keluhan ayub , atau tuduhan palsu dalam adegan berbalas pantun yang tidak membangun.

kitab Ayub mencapai klimaks diahkir dimana , kesimpulannya akan KEBESARAN dan keajaiban Tuhan ada di akhi

semoga, beberapa panduan diatas, menjadikan pemahaman yang benar tentang bagaimana cara membaca kitab AYUB.

Para pemimpin dan pembaca yang budiman, kehidupan kita pun sebenarya naik dan turun, kalau kita berusaha mengertinya sepotong sepotong dan tidak melihat garis besar dari Tujuan Allah bagi kita, dan Misi kehidupan kita sebagai murid Kristus yakni menjadikan murid murid Kristus dari segala bangsa, maka kita akan terjebak pada details episode harian yang hanya bagian kecil , dan bukan gambaran keseluruahan dari kisah hidup kita yang Tuhan telah tentukan ,

Berhati hatilah tidak menarik kesimpulan dan prejudice negatif pada kisah hidup kita harian, ingatlah gambaran besar tentang kehidupan yang berkelimpahan dan berkemanagan dalam Tuhan yang akan menarik jiwa jiwa menjadi murid Kristus melalui teladan hidup kita, inilah gambaran besarnya

Selamat menjalani minggu yang baru, we love monday

Renungan alkitab harian , minggu” Ucapkan kebaikan”, Job 19

Setelah Ayub mengarahkan pandangan matanya kepada Tuhan, segala sesuatu mulai berubah;  apa yang ia lihat akan menjadikan ia serupa dengan yang ia LIhat, ketika Ayub memandang pada sumber pengharapan, maka pengharapan itu muncul.

Pepatah berkata dari mata turun ke hati, dari pandangan kepada Tuhan turun kepada hati kepada Tuhan…

Ayub bangkit pengharapannya dan mulai mengucapakn kebaikan tentang Tuhan dan kebesarannya

Job 19: 25-26 ” for i know that my redeemer lives, and He shall standat last on the earth; and after my skin is dstroyed, this i know, That in my flesh I SHALL SEE GOD”.

Ketika Ayub mengucapkan kebaikan, apa yang diucapkan mendatangkan kuasa, terjadilah sesuai apa yang Ayub ucapkan, ia ahkirnya melihat Tuhan , sungguh -sungguh melihat Tuhan !

Para pemimpin dan pembaca yang budiman, mari kita ucapkan kebaikan , kebesaran Tuhan, dan apa yang kita ucapkan akan terjadi dalam hidup kita ” UCAPKAN KEBAIKAN”.

Selama hari pergi ke gereja…its sunday

renungan alkitab harian, sabtu: pandangan mata, ayub 16

Kemana arah mata kita memandang, menentukan apa yg kita lihat, apa yg kita lihat menentukan apa yg kita pikirkan,dan apa yg kita percayai…

Ayub, dikelilingi kritik negatif dari sahabat sahabatnya, mereka sungguh tidak tau apa dosa ayub, dan membabi buta menuduh Ayub dosa dosa yang ayub tidak lakukan,

Pada tahap ini ayub sudah sadar pasti ada dosa dalam dirinya, tapi dia tidak tau apakah dosanya itu…

Pandangan Ayub, membuat ia bisa melewati masa ini, dan mengalami terobosan terobosan, ayub 16: :20 ” sekalipun aku dicemoohkan oleh sahabt sahabatku, namun ke arah Allah mataku menegadah sambil menangis”

PANDANGAN MATA KITA, menentukan masa depan kita,…

Marilah kita memandang dan berharap, dan berfokus sepenuhnya kepada Tuhan, dan barangsiapa berharap kepada Tuhan, tidak akan dikecewakan

renungan harian alkitab: jumat ” your attitude determine your altitude”, Ayub 13

“Your attitude determine you altitude” ( sikap anda menentukan ketinggian anda berapa jauh anda bisa dibawa naik pada level lebih tinggi, atau justru berapa jauh anda harus turun sesuai level sikap anda”

Sungguh suatu kebenaran, sikap hati yang adalah cerminan dari karakter,  kualitas hati dan karakter seseroang adalah faktor penting  yang akan membawa suatu promosi, atau sebaliknya demotion. Kualitas sikap dan cara kita berperilaku adalah batasa dari berapa jauh kita bisa naik level dalam kehidupan ini.

Attitude ayub , ahkirnya seteleh beberapa saat , mulai membaik, ia mulai merasa” memang ia telah berdosa, dan berdoa kepada Tuhan .  Ayub 13:23″ How many are my iniquities and sin?make me know my transgression and my sin.

Disinilah suatu titik terang terjadi , mulai nampak ada suatu harapan , meskipun tingkah laku sahabat Ayub, kelewatan dan tidak membangun ( mereka hanya tau Ayub berdosa, tetapi mereka tidak tau apa dosanya, dan mulai menuduh  ayub melakukan dosa yang Ayub tidak lakukan ) , Attitude Ayub yang mulai bertobat membuat suatu perubahan mulai terjadi.

kalau kita cermati ,banyak orang orang jatuh dari kedudukan, posisi dan kehilangan kepercayaan, karena attitude orang tersebut yang buruk, yang adalah cerminan karakter hati yang buruk,

Pada awal ayub mengalami banyak kejatuhan, Ayub sempat ber kuda nil sebentar ( mengasihani diri) , tetapi  attitude nya membaik seiring jiwanya mulai pulih …mari kita nantikan beberapa hari kedepan lanjutan kisah Ayub

tanpa dirasa, sangat cepat hari berlalu , malam ini week end , jumat malam sudah tiba

selamat bekerja maksimal di hari ahkir minggu ini

renungan alkitab harian, kamis “waktu kuda nil”, ayub 10-12

Paul Mc gee , penulis buku best seller  ” SUMO” ( shut up move on), memberikan istilah  waktu kuda nil, sama seperti kuda nil yang sering masuk ke air dan berendam ketika suhu tubuhnya .menjadi panas, dan setelah normal kuda nil keluar dari lumpur

Manusia mempunyai jiwa yang dapat merasakan , kesedihan , kekecewaan, dan perlu mengambil waktu sejenak terbenam dalam lumpur, dan kembali lagi beraktivitas setelah pulih, tentu saja waktu sejenak bukan selama lamanya.

Berendam dalam kubangan terus menerus, terlalu lama tidaklah sehat, waktu untuk kuda nil, hanyalah sementara.

Ayub 10-12, bahkan hingga pasal 20 adalah waktu Ayub ” kuda nil”, disinilah ia mulai menjalankan proses pemulihan dengan berdiam diri, sayangnya sahabat sahabat Daniel yang menegur Ayub, terus menerus menggangu waktu kuda nil Ayub, dan mereka juga tidak bisa memberitahukan, apa dosa Ayub, hanya sekedar tau ia perlu bertobat

Peristiwa perdebatan pantun antara Ayub dan sahabatnya menjadi tidak menarik, dan malah membingugkan.

Wajar saja namanya orang lagi strees dan kecewa , Ayub ngomongnya pun asal bicara, baik kepada Tuhan dan manusia.

Para pemimpin dan pembaca budiman, waktu kuda nil adalah people skills yang harus kita pahami, jikalau seseorang sedang berkuda nil, jangalah kita masuk dan memberikan kuliah kepada mereka, biarkan mereka mengasihani diri sesaat , dan jika sudah membaik , baru kita masuk meresponi mereka, dan jika mereka terlalu lama berkuda nil, barulah kita membantu menari mereka keluar dari kubangan mengasihi diri mereka.

selamat bekerja, dan marilah kita menjadi semakin bijak setiap hari

renungan harian alkitab, rabu ” sama sama tidak tau” ayub 9

Ketika Ayub complaint kepada Tuhan dan curhat kepada Teman temannya , bahwa Ayub telah berdosa… Problemnya mereka tidak tau dosa apa itu?

Sampai dititik ini ahkirnya , mereka mereka reka dan mengarang indah , menuduh Ayub akan banyak hal. Ayub yang sebenarnya ingin curhat saja, tidak ingin diberikan nasehat apalagi teguran bertambah jengkel. Ayub tidak tau dia dosa apa, dan sahabatnya pun tidak tau…

Sayangnya Ayub pada pasal 7-9 masih juga belum merendahkan diri sungguh sungguh kepada Tuhan dia masih sibuk berbalas pantun kepahitan, sibuk mengasihani diri..

Ayub 9:35 ” Maka aku akan berbicara tanpa rasa takut terhadap Dia, karena aku tidak menyadari kesalahanku”

Para pemimpin dan pembaca yang budiman, kalau kita tidak tau dengan jelas, sebaiknya kita jangan banyak bicara, baik dalam memberikan nasehat apalagi teguran, dan jikalau kita sedang  dididik Tuhan dan kita belum tau kesalahan kita, sebaiknya kita menahan diri tidak berbicara yang lancang kepada Tuhan,  Karena sesungguhnya Tuhan baik , Adil dan besar setianya atas kita

Apakah anda penasaran , jadi apa dosa Ayub? dan pembelajaran apa yang diberikan Tuhan pada Ayub, datanglah hari minggu ini tanggal 29 ke ibadah raya gereja kami, c3Gret Commission church, BTC lantai 6 jalan dr djunjunan -Bandung, pk 17.00-19.00…

Tengah minggu telah tiba …keep the spirit keep burning for God..

Renungan harian alkitab, Selasa” gue complaint” ,Ayub 6-8

Ketika membaca kitab Ayub, banyak orang berpikir isinya apa sih tuh kitab?

Ada pembaca yang terbawa perasaan ayub , dan ikut ikutan complain ama Tuhan, sambil baca kitab Ayub.

Tuhan Apa salah Ayub ? kenapa jadi gini ya?

Ada pula yang berpikir,, ,wah ternyata Ayub yang konglomerat gini, dalam beberapa hari

jatuh miskin menderita, apalagi gue yang tidak sekaya Ayub? .Banyak orang karena tidak mengerti malah kehilangan rasa aman ketika baca kisah Ayub.

Kisah nyata tentang Ayub, akan menggoyahkan  hati para pecinta uang dan harta…;bahwa menjadi konglomerat pun tidak bisa berbuat apa apa ketika API perlindunga Tuhan diangkat, seketika menjadi  miskin dan menderita !

Dalam kitab Ayub pasal 6 , isi perikop ini adalah kisah ayub ” Gue complaint” , ia protes pada Tuhan dan sharing dengan sahabatnya, dan ternyata sahabatnya memang seorang sahabat sejati,  Eliphaz dan Bildad tidak meladeni sikap mengasihani diri , pembelaan diri, dan kesombongan Ayub yang merasa bersih hidupnya , mereka menegor Ayub untuk bertobat. ( ayub 7-8) . Ayub tidak terima dan berlanjutlah penderitaan Ayub,…

Para pembaca dan pemimpin , Sahabat sejati tidaklah selalu mendukung semua apa yang kita ucapkan, apalagi mendukung protes dan marah ke Tuhan, sahabat sejati berani menegur …

Anda ingin tau apa sih kesalahan Ayub, dan bagaimana pembelajaran pewahyuan hikmat tentang Ayub ini ?

pada hari minggu ini, di ibadah raya gereja c3 great commission bandung, BTC lantai 6, blessing room, pk 17.00-19.00, saya akan mengajarkan tentang hal ini, sebuah pewahyuan yang justru akan memberikan rasa aman akan Tuhan .

jadi , jika ingin tau , saya tunggu ya kehadirannya di ibadah raya c3 Great commisssion, minggu sore ini ya

Selamat berkarya hari ini dengan thanksgiving kepada Tuhan.

renungan alkitab, senin,ayub 1″pagar api?yg bener

Ayub 1:10 Bukankah Engkau yang membuat pagar sekeliling dia dan rumahnya serta segala yang dimilikinya? Apa yang dikerjakannya telah Kauberkati dan apa yang dimilikinya makin bertambah di negeri itu.

yg bener ada pagar api atas harta dan usaha ayub?

Iya,bener,dan tertulis di alkitab, memang ayub setiap hari membawa persembahan di mezbah Tuhan,ia jujur dan setia mengelola hartanya

sama dengan kita,janji ini diulang dgn jelas di kitab malaekhi, Tuhan akan memagari lahan usaha , harta agar tidak ada belalang pelahap merusak,mal 3

Dia sungguh memagari kta, dari tindakan iblis yg mencuri kemakmuran anak anak Tuha

ayo kta setia dan jujur dgn mengelola kekayaan dari Tuhan..

Renungan alkitab harian, minggu, ” Beda attitude beda hasil” Esther 8

Ratu Vasti dan Ratu Esther sama sama cantik rupawan, dan memikat hati raja, perbedaanya adalah vasti adalah Mantan ratu dan Esther adalah Ratu yang baru, apa yang membedakan jikalau penampilan luar sudah sama sama luar biasa?

Tentu saja attiude, tingkah laku seseorang , yang berdasar dari karakter batin orang tersebut

Kalau Vasti , memberontak dengan frontal, unjuk kekuasaan sebagai ratu , melanggar etika berbicara pada suami dan raja, kurang ajar terhadap raja, karena dia merasa ratu. Lain halnya Ester, meskipun dia ratu ia tidak kurang ajar dengan suami /raja, ia bahkan tidak serta merta  merengek atau menghadap Raja dengan sembarangan, ketika Haman mengeluarkan rencana membunuh semua orang yahudi.

Esther yang cantik bermain cantik, ia tau aturan, tidak kurang ajar , sopan ,dan bisa mengambil hati raja tanpa memaksa atau merongrong , merengek kepada raja,  ia membuat jamuan khusus dengan raja, dan dengan santun beretika ia hanya menceritakan pergumulannya ketika raja bertanya, dan ia hanya meminta bantuan ketika raja sudah berkali kali menawakan bantuan bahkan setengah kerajaan Raja bersedia memberikan pada Esther !

Istri yang tidak kurang ajar, santun, dan tau kapan bicara dan menghormati suami, adalah Ester, memang bukan hanya kecantikannya tapi karakternya adalah kualitas seorang ratu !

“Beda attitude beda hasil” , karena attitude si cantik rupa dan hati Ester maka hasilnya beda dengan ratu Vasti yg attitudenya buruk rupa

Seluruh bangsa yahudi terselamatkan karena atitude cantik seorang ratu cantik ..

Esther 8: 8 ” You yourselves write a decree concerning the jews as you please  in the king’s name, and seal it with the king’s signet ring..”

Para pemimpin dan pembaca renungan harian, mari kita bersama sama belajar dari Ester , dengan atitude yang berkenan kepada Tuhan dan otoritas maka kita akan menyelematkan banyak hal ..

selamat beribadah hari minggu