Renungan hari minggu :masa perenungan besar di babylonia, 2 raj 23-25

Di hari sabath ( minggu) ini , mari kita mengambil hikmah, dari kisah memilukan bangsa Israel;mereka keluar dari Mesir dengan kekayaan sangat banyak (sebagai bangsa konglomerat)  ,bahkan disertai tanda tanda super ajaib ( laut merah terbelah, tiang awan di siang hari, dan tiang api di malam hari, dan pelbagai tanda ajaib lainnya).

Setelah melewati masa pembentukan karakter di padang gurun 40 tahun, mereka ahkirnya dengan tanda – tanda ajaib mengambil alih semua tanah terjanji, Israel dipimpin  raja Daud menjadi kerajaan disegani dan sangat kuat , dilanjutkan oleh anaknya raja Salomo , Israel bahkan menjadi kerajaan adi kuasa yang dihormati dan menjadi kerajaan yang teramat kaya dan masyhur.

Betapa ironinya ketika kita melihat  kisah selanjutnya, dalam  kitab 2 raja raja, kerajaan Israel runtuh dan dihabisi hingga titik nol, semua kekayaan diambil, bahkan gedung bait Allah yang penuh dengan emas, perak dan berlian dijarah habis dan diruntuhkan !

Mengapa ini terjadi ?

Sifat dasar manusia ketika hidup dalam berkat berkelimpahan menjadi sangat leisure, sombong dan merasa aman dengan kekayaannya , mereka tidak lagi mengandalkan Tuhan Allah yang hidup, mereka menikah dengan suami istri yang tidak seiman, yang ahkirnya  membawa mereka kepada kepercayaan istri-istri mereka yakni  menyembah ilah ilah lain, mereka juga meninggalkan kitab suci ( taurat) dan jalan hidup mereka sebagai orang percaya.

Kesuksesan dam kekayaan yg amat banyak mempunyai 2 sisi: menjadi berkat yang membangun untuk menyelesaikan rencana Tuhan dalam hidup kita, atau malah menjadi bencana bagi manusia yang tidak berkarakter ilahi.

dalam masa pembuangan di babel, berpuluh – puluh tahun lamanya mereka belajar bertobat, tidak mendewakan uang , harta bergelimang, dan belajar TUNDUK PADA OTORITAS.

Firman Tuhan berkata jikalau kita tidak bisa mentaati yang kelihatan ( pemimpin di bumi)  , bagaimana kita bisa taat denga yang tidak keliatan ( Tuhan )

Para pembaca yang budiman dan para pemimpin, jikalau kita ada dalam masa kejayaan ingatlah kisah Israel ini , dan jikalau kita ada dalam masa dimana terjadi penurunan, segeralah kembali pada Tuhan, sebelum semakin jatuh terperosok seperti Israel dalam kitab 2 raja-raja

selamat hari minggu, marilah kita beribadah di gereja dan berdoa lebih dalam hari ini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s