kambuh lagi kambuh lagi, 2 Raj 15-17, renungan hari kamis

Bangsa Israel seringkali kambuh penyakit gaya hidup lamanya, yakni: menyembah dewa dewa berhala , punya banyak Tuhan tapi tidak sungguh sungguh memperlakukan mereka sebagai tuhan.

Ini memang sudah menjadi masalah generasional,  generasi pertama melihat mukjizat mengalami pengalaman Tuhan yang nyata dan besar dalam kehidupannya, lalu generasi kedua hanya mendengar saja cerita dari generasi pertama, dan generasi ketiga dan seterusnya hanya melakukan ritual dari kakek -nenek mereka tanpa makna .

Bangsa Israel telah sama dengan bangsa bangsa lainnya , mereka menjadi penyembah berhala banyak ilah-ilah supranatural ,  ini akibat dari perkawinan campur , para istri -istri tidak seiman membawa  budaya ritual agama mereka kedalam bangsa Israel.

Ahkirnya mereka tetap beribadah kepada Tuhan, tetapi disaat bersamaan mereka menyembah berhala lainnya, sehingga ibadah ritual mereka hanyalah AGAMAWI saja, mereka beribadah hanya ritual dan memungkiri kekuatan dari ibadah mereka, hasilnya Israel menjadi serupa dengan bangsa bangsa lain yang tidak percaya Tuhan Allah yang Esa .

2 Kings: 33″ they feared the Lord, yet served their own gods-according to the ritual of nations from among whom they were carried away.”

Para pemimpin dan pembaca yang terkasih, mari kita renungkan , apakah ibadah kita hanyalah ritual kosong, adakah ilah ilah berhala lainnya di jaman ini yang menjadi Tuhan dalam hidup kita ? contoh berhala harta, pasangan hidup/pacar, berhala akan salah satu  hobby kita?

mari kita belajar dari kesalahan Israel , ketika mereka keluar dari jalan Tuhan, maka mereka keluar dari perlindungan dan berkat Tuhan,  akibatnya mereka  menjadi budak, miskin, dan tawanan dari bangsa lainnya.

Mari kita berdoa : Ya Tuhan jagailah hatiku agar tetap setia kepada kasih dan jalan jalanMu, jauhkanlah kami dari berhala berhala jaman ini , dan ajar kami terus merasakan dan mempercayai kekuatan dari ibadah kami yang sungguh nyata membawa kuasa Tuhan dalam hidup kami , amin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s